Tuesday, March 6, 2012

Lorenzo: Faktor Ban Bisa Jadi Aspek Krusial di 2012



Faktor ban diyakini memegang peranan penting di MotoGP 2012. Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo bahkan menyebut rider yang bisa melakukan manajemen ban dengan baik akan memiliki kans besar jadi juara.

Analisis tersebut dilontarkan Lorenzo setelah menyelesaikan tes pra-musim kedua di Sepang, yang berjalan pada 28 Februari sampai 1 Maret kemarin.

Tes tersebut juga menjadi kesempatan pertama Lorenzo mencoba ban baru Bridgestone dalam jangka panjang. Dari pengujian tersebut, ia terkejut dengan betapa cepatnya ban aus.

Ban dengan spesifikasi baru tersebut memang dirancang dengan performa lebih baik di awal balapan. Tapi di sisi lain ketahanan ban itu sendiri sepertinya berkurang, dengan Lorenzo melaporkan penurunan performa signifikan setelah empat lap saja.

"Setelah hanya tiga atau empat lap, ban belakangnya sangat menurun (performanya). Setelah itu tetap konstan. Menurutku ban depan juga sangat lunak dan aku punya masalah dalam pengereman, kendati aku masih bisa mempertahankan laju konstan dan aku cukup puas," ujar Lorenzo kepada MCN.

"Aku pikir tahun ini akan amat sangat sulit untuk mempertahankan laju konstan sepanjang balapan. Pebalap yang tidak memiliki masalah dengan ban di akhir balapan akan memiliki musim yang bagus," nilai juara dunia MotoGP 2010 tersebut.

No comments:

Post a Comment