Saturday, December 10, 2011

Tech 3 Siapkan Proyek CRT

Rencana Dorna untuk “memaksa” pemilik tim satelit MotoGP beralih ke CRT sepertinya akan berjalan lancar. Untuk musim depan, tim Aspar telah memastikan akan beralih sebagai CRT dengan menurunkan dua pembalap, Randy de Puniet dan Aleix Espargaro. Tim Gresini memilih strategi gabungan dengan menurunkan Alvaro Bautista (satelit Honda) dan Michele Pirro (CRT). Tim satelit lainnya, Tech 3 juga kabarnya tengah mempersiapkan proyek CRT.
Herve Poncharal 300x199 Tech 3 Siapkan Proyek CRTSkuad berbasis Prancis itu akan mulai bekerja mengembangkan proyek 1000cc sendiri meskipun mereka telah menandatangani kontrak dua tahun dengan Yamaha untuk menyewa prototype YZR-M1 1000cc sampai akhir tahun 2013. Proyek ini tentu sangat erat kaitannya dengan rencana Dorna yang muali musim 2013 hanya akan mensubsidi tim-tim CRT dan tidak memberikan dukungan finansial  kepada tim satelit yang menyewa motor prototype dari pabrikan.
Pimpinan tim Tech 3 Herve Poncharal mengatakan Guy Coulon dan Nico Goyon, orang yang merancang Tech 3 Mistral 610 Moto2 yang dipakai oleh rider muda Bradley Smith, akan merancang chassis 1000cc.
“Kami akan mulai bekerja pada sebuah proyek tetapi itu tidak akan berada di track sampai awal tahun 2013. Ini adalah program yang sama sekali berbeda dan kami memiliki kontrak dengan Yamaha sampai akhir 2013, jadi ini adalah sesuatu yang tidak akan dicampur,” kata Poncharal seperti dilansir oleh MCN.
Di sisi lain Herve tidak menutup kemungkinan untuk menurunkan motor tersebut di musim 2013 jika ternyata menunjukkan potensi yang bagus.
“Selama 2012 kami akan membangun motor dan di akhir musim semi atau awal musim panas kami akan berada di track dan (melakukan) testing. Di Tech 3 kami hanya akan mengurus dua M1 kami yang akan dimiliki dari Yamaha pada tahun 2012 dan 2013. Namun jika motor ini menunjukkan potensi yang baik selama test 2012 lalu mengapa tidak meletakkannya di track dan membiarkannya dijalankan oleh orang lain.”
Dan meski Tech 3 tidak lagi menyewa motor dari Yamaha setelah tahun 2013, Poncharal tidak ingin memotong link dengan pabrikan Jepang itu setelah hubungan panjang dan sukses yang membentang lebih dari satu dekade di antara mereka.
Poncharal berencana untuk menggunakan mesin R1 dan ia telah menguraikan rencananya kepada manajemen Yamaha dalam pertemuan selama beberapa minggu terakhir.
“Kami akan menggunakan mesin R1, jadi saya menjelaskan ide saya untuk Yamaha dan melihat jenis dukungan yang kami bisa dapatkan. Jika kita dapat memiliki mesin yang dekat dengan spec yang mereka gunakan di World Superbike maka saya pikir motor akan kompetitif,” tambah Poncharal.

No comments:

Post a Comment