Saturday, December 10, 2011

GP Jerez 2012 Dipastikan Tetap Berlangsung Meski Terbelit Hutang

Selama beberapa hari terakhir, keraguan telah muncul di media Spanyol mengenai apakah balapan di Jerez 2012 yang dijadwalkan berlangsung pada 29 April akan bisa berlangsung karena pengelola sirkuit masih terbelit hutang. Tetapi laporan dari kantor Walikota Jerez menunjukkan bahwa Grand Prix Spanyol di Jerez akan berlangsung seperti yang dijadwalkan.
jerez circuit 300x175 GP Jerez 2012 Dipastikan Tetap Berlangsung Meski Terbelit HutangSelama bertahun-tahun, hutang sirkuit Jerez telah membengkak hingga 45 juta Euro, termasuk sekitar 6 juta Euro untuk Dorna, perusahaan yang menjalankan MotoGP. Situasi menjadi kian sulit di akhir Oktober, Dewan Kota Jerez mengakhiri kontrak dengan Gestion Circuito de Jerez dan Two Wheeled Promotions Ltd, dua perusahaan swasta yang telah menjadi partner untuk menjalankan sirkuit, untuk kemudian kembali menjalankannya sendiri.
Meskipun ada jaminan dari walikota Jerez, María José García-Pelayo, bahwa race akan berlangsung seperti yang dijadwalkan, keraguan tentang balapan tersebut telah beredar di Spanyol selama beberapa waktu, dan telah diperburuk setelah pemilihan umum baru-baru ini di Spanyol.
Pemerintah baru, dipimpin oleh Partido Populer, telah dipaksa melakukan pemotongan anggaran besar-besaran akibat krisis yang dihadapi Euro dan hutang nasional yang terus meningkat di Spanyol. Dengan pembatasan belanja publik secara besar-besaran, kemungkinan kota Jerez dan wilayah Andalucia mampu melunasi hutang 45 juta Euro yang harus dibayar oleh sirkuit – atau bahkan hutang 6 juta kepada Dorna – menjelang seri MotoGP Spanyol pada bulan April sangat mustahil. Dengan negosiasi kontrak masih berlangsung antara sirkuit Jerez dan Dorna tentang GP Spanyol, rumor mulai muncul bahwa balapan akan dibatalkan.
Situasi menjadi semakin buruk dengan adanya laporan bahwa penjualan tiket belum dimulai karena belum adanya kontrak antara track dan Dorna.
Untuk mengakhiri rumor, Walikota García-Pelayo segera bertindak. Sebuah pernyataan dikeluarkan yang menyebutkan bahwa race MotoGP 2012 di Jerez akan tetap berlangsung, dimana García-Pelayo bersikeras bahwa dia telah berbicara dengan Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna) tentang situasi ini dan bahwa Ezpeleta juga bermaksud agar race harus tetap berlangsung sesuai jadwal. Meskipun nampaknya kontrak masih belum ditandatangani – dan bahwa Dorna tetap mendorong pihak sirkuit untuk menutup sebagian hutang mereka.
Ada alasan lain selain murni keuangan untuk bisa percaya bahwa balapan akan berlangsung seperti yang direncanakan, meskipun adanya kesulitan ekonomi. Dari empat seri MotoGP yang digelar di Spanyol (Jerez, Catalunya, Aragon & Valencia), Jerez adalah yang paling populer.

No comments:

Post a Comment