Saturday, December 10, 2011

Ezpeleta: “Saya Tidak Suka MotoGP Saat Ini”

Ketika blog ini mepublikasikan artikel berjudul: “MotoGP Semakin Tidak Menarik?” banyak komentar pro dan kontra. OK. kita tidak akan membahas posting itu lagi. Tapi taukah Anda, Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna – organisasi penyelenggara MotoGP – dengan tegas menyatakan tidak suka dengan kondisi persaingan di MotoGP saat ini.
Carmelo Ezpeleta1 300x187 Ezpeleta: Saya Tidak Suka MotoGP Saat Ini“Saya tidak suka hal ini terjadi. Saya tidak suka MotoGP saat ini. Kami memiliki beberapa seri dimana Honda pergi sangat cepat, beberapa yang lain agak kurang, dan yang lainnya bahkan lebih buruk. Dengan cara ini hanya ada sedikit pertempuran, sehingga tontonan (menjadi) tidak memuaskan,” ungkap Ezpeleta kepada majalah Motosprint seperti dikutip olah Crash.net.
“Ini bukan hanya sebuah tantangan teknologi, ini juga adalah sport dan entertainment. Saya tidak suka situasi ini, sehingga hal ini tidak akan berlangsung seperti ini lebih lama,” lanjutnya lagi.
Biaya yang dikeluarkan tim semakin melambung sehingga kelas primer menjadi terlalu mahal namun memberikan tontonan yang buruk bagi penonton. Untuk itu Carmelo semakin yakin dengan ide CRT (Claiming Rule Teams).
Hah nggak salah nih?
Jika untuk kepentingan meramaikan grid, CRT tidak diragukan lagi. Saat ini setidaknya sudah ada enam rider yang dikonfirmasi akan balap pada kategori ini untuk musim 2012. Jumlah itu masih akan bertambah karena beberapa tim yang sudah melakukan uji coba belum mengumumkan pembalap yang akan mereka turunkan musim depan.
Tetapi jika CRT dimaksudkan untuk menambah seru pertarungan di kelas puncak, ini dia yang perlu dipertanyakan.
Loris Capirossi yang telah ditunjuk sebagai safety adviser oleh Dorna – dan ternyata juga punya tugas sebagai mediator pembalap dan tim CRT – menanggapi isu ini dengan santai. Ia berkaca pada kesuksesan Moto2 dimana pada awal kemunculannya juga benyak mendapat kritik.
“Semua berbicara sangat buruk tentang Moto2 pada tahun pertama, saat ini (Moto2) adalah kelas yang sangat menarik. Dibutuhkan kesabaran, berbagai hal akan berkembang dengan cepat. Dalam waktu dua tahun kejuaraan MotoGP akan sangat berbeda dan sangat indah,” katanya kepeda Motosprint.
Di sisi lain, regulasi CRT juga akan terus dikaji. Pada awalnya regulasi memperbolehkan tambahan tiga liter bahan bakar per race dan dua belas mesin per musim, sebagai lawan enam untuk motor pabrikan. Namun aturan ini akan dikaji secara konstan sepanjang musim perdana 1000cc berlangsung.
Pada saat yang sama Ezpeleta juga tengah mencari cara untuk mengurangi pentingnya elektronik pada motor MotoGP. Berbagai piranti elektronik ini termasuk salah satu faktor yang menyedot dana besar dalam pengembangan motor. Berkurangnya elektronik pada motor MotoGP juga diyakini akan menambah seru persaingan antar pembalap.

No comments:

Post a Comment