Tuesday, May 31, 2011

Motegi Segera Bisa Dipakai Lagi ?

Foto: Twin Ring Motegi/MotoGP.com (ist)
Sirkuit Motegi sementara ini masih dalam tahap rehabilitasi dan perbaikan pascagempa dan tsunami yang dahsyat bulan Maret lalu merusak beberapa titik sirkuit yang dikenal punya dua lintasan tersebut.

Shinya Nakano, eks pembalap MotoGP yang menjadi penguji terhadap kelayakan sirkuit tersebut dan Nakano melakukan dua kali tes dan pengujian aspal agar Motegi bisa dipakai secepatnya.

Setidaknya dengan adanya MotoGP lagi, masyarakat Jepang akan segera melupakan bencana mengerikan yang menimpa mereka beberapa waktu lalu. Atau setidaknya menjadi hiburan tersendiri dapat melihat jagoan-jagoan kuda besi saling bertarung lagi di sirkuit yang mereka banggakan selain Suzuka.

Namun bencana nuklir yang terjadi kemudian kemungkinan akan jadi penghalang bagi para riders untuk ke Jepang lagi. Terlebih lokasi Motegi dengan Reaktor Fukushima hanya berjarak tak lebih dari 100km.

Meski begitu Dorna dan IRTA mengkonfirmasikan kembali bahwa balapan tetap akan diadakan setelah selesai diperbaiki, kecuali meminta sebaliknya – dan Nakano sebagai bagian dari promosi ini telah menemukan beberapa titik kerusakan dan diharapkan sudah akan dirampungkan Juni ini.

“Saya melakukan pengujian pertama dengan mobil dan tidak terasa kerusakan apapun. Lalu saya melakukan tes kedua dengan menggunakan Honda CBR1000 mengendarainya dengan cepat. Saya mencatat setidaknya ada tiga spot yang mengalami kerusakan,” kata Nakano sebagaimana disitat MotoGP.com, Selasa (31/5/2011).

“Terdapat sejumlah gelombang dan keretakan pada titik pengereman di tikungan pertama dan ketiga dan juga di tikungan hairpin sebelum trek lurus,” tambah Nakano.

“Pengerjaan perbaikan ini dijadwalkan selesai di pekan pertama bulan Juni. Musim Hujan di Jeoang akan segera tiba tapi saya berencana mencoba sirkuit ini kembali di pertengahan Juni untuk menguji sirkuit ini lagi, rampung Nakano.

No comments:

Post a Comment