Friday, May 27, 2011

Dorna: Tak Ada Alasan Membatalkan Grand Prix Motegi

Pasca gempa bumi dan Tsunami yang melanda negeri Jepang, MotoGP Motegi yang awalnya dijadwalkan berlangsung pada 24 April ditunda hingga 2 Oktober mendatang. Namun kekhawatiran akan batalnya seri tersebut tetap mengemuka karena adanya musibah susulan yakni radiasi nuklir. Tetapi pihak Dorna sepertinya tetap optimis race akan tetap berlangsung.
Lorenzo Motegi 2010 Dorna: Tak Ada Alasan Membatalkan Grand Prix Motegi
Ada kegelisahan diantara para pembalap dan team tentang keamanan perjalanan ke Jepang karena kerusakan yang diderita oleh pabrik nuklir Fukushima, yang hanya 75 mil jauhnya dari Twin Ring Motegi.
Para rider papan atas seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner dan Marco Simoncelli juga telah menyatakan keprihatinan mereka tentang kenyataan bahwa MotoGP Motegi tetap ada dalam kalender MotoGP 2011.
Walau begitu situs MCN mengabarkan telah memperoleh surat yang diterbitkan oleh International Race Teams Association (IRTA) untuk semua team selama Grand Prix Prancis baru-baru ini yang menyatakan bahwa tidak ada alasan mengapa Grand Prix Jepang akan dibatalkan.
Berikut ini adalah petikan isi surat tersebut:
Karena kita menyadari sejumlah spekulasi di paddock mengenai penundaan dan rumor bahwa peristiwa tersebut bahkan mungkin tidak terjadi, kami ingin memperjelas posisi saat ini.
Petugas Keamanan, Claude Danis, memeriksa sirkuit Motegi pekan lalu. Dia melaporkan bahwa walaupun ada sedikit kerusakan di track, secara keseluruhan track akan pulih kembali dan fasilitas sirkuit yang dalam kondisi yang sempurna untuk mengadakan acara tersebut. Ia juga melaporkan bahwa tampaknya ada kerusakan kecil atau tidak ada untuk bangunan atau infrastruktur di daerah sirkuit.
Transisi dari bandara Tokyo ke sirkuit dan sebaliknya sepenuhnya normal. Dorna tidak menerima indikasi apapun dari promotor balapan untuk membatalkan atau menunda acara. Pendapat Dorna adalah: kecuali ada perkembangan baru yang mempengaruhi sirkuit atau sekitarnya, atau jika mereka menerima permintaan dari panitia untuk membatalkan, maka acara akan dilanjutkan seperti yang direncanakan.

No comments:

Post a Comment