Monday, May 21, 2012

Ezpeleta: “MotoGP Tidak Berhenti Ketika Pembalap Pergi”

Carmelo Ezpeleta, pria paruh baya ini pastinya tidak asing bagi para penggemar MotoGP. Dialah CEO Dorna, promotor sekaligus pemegang hak komersial MotoGP. Saat ini, ditengah upaya menciptakan regulasi baru untuk menyiasati kondisi di tengah terpaan krisis ekonomi – terutama di kawasan Eropa – Ezpeleta menjadi figur yang mendapat banyak sorotan.
Ezpeleta 300x199 Ezpeleta: MotoGP Tidak Berhenti Ketika Pembalap PergiYang terbaru tentunya menyangkut pengumuman pensiun Casey Stoner pada akhir musim 2012 yang disampaikan Kamis lalu di Le Mans.
“Saya harus berterima kasih kepada Stoner untuk semua yang telah diberikan kepada kejuaraan ini. Dia adalah pembalap hebat, dan saya berharap ia memiliki kehidupan yang bahagia. Anda harus menikmati pekerjaan yang Anda lakukan, dan jika itu tidak lagi terjadi, sudah waktunya untuk membuat keputusan,” kata Ezpeleta tenang.
Ia pun menanggapi dengan santai kritik dari Casey tentang MotoGP yang ia sebut sebagai alasan atas keputusannya pensiun dini.
“Anda tidak bisa menyenangkan semua orang … dan tidak perlu bagi setiap orang untuk merasa puas. Untuk segala sesuatu yang lain, kami membantunya menjadi seperti sekarang, dan dia membantu kami. Kami membantunya dalam kejuaraan Spanyol setelah Alberto Puig menunjuknya keluar… dan itu tidak khusus, karena kita perlu membantu mengembangkan pembalap dari semua negara Sementara itu, Casey tumbuh dan kemudian membantu seri dengan hasil yang ia raih.”
Ezpeleta menganggap pensiunnya seorang pembalap adalah sesuatu yang biasa dan pasti akan terjadi. Namun MotoGP tak akan berhenti karenanya.
“Pensiun Stoner datang lebih cepat dari yang diharapkan, tetapi kita juga telah melihat pensiun dari Schwantz, Doohan, dan suatu hari Valentino Rossi akan pensiun juga. Memang seperti itu jalannya. MotoGP tidak berhenti ketika pembalap pergi, dan sekarang tidak akan berhenti untuk Casey.”
Dalam kesempatan lain, ia secara tersirat juga mengaku tidak akan mencegah Valentino Rossi untuk tetap di MotoGP mengingat kesulitan yang dihadapinya saat ini bersama Ducati.
“Saya harap mereka (Ducati,red) dapat memecahkan masalah, tapi saya hanya dapat mengatakan kepadanya pada saat ini apa yang saya katakan kepada semua orang dan itu adalah: ‘terima kasih atas partisipasi Anda dan saya berharap Anda sukses’ Sudah hampir dua tahun baginya (di Ducati) tetapi ia yang memutuskan untuk pergi ke sana.”
Orang nomor satu Dorna itu juga tetap pada pendiriannya menolak permintaan HRC untuk menghapus aturan rookieyang tidak boleh langsung bergabung dengan tim pabrikan. Dan setelah Stoner mengumumkan akan pensiun pada akhir musim ini, ia tetap teguh pada prinsipnya.
“Tidak Tidak! Kami melakukan itu sekali dan kemudian di tahun kedua Suzuki mengatakan sangat penting untuk memiliki (Alvaro) Bautista jadi tolong hentikan aturan rookie karena jika tidak mereka mengatakan ada risiko Suzuki bisa pergi (dari MotoGP). Kami memberi kelonggaran aturan untuk mereka, dan Suzuki tetap saja pergi. Kami tidak akan mengubah apa pun. Aturan rookie di tempat dan akan tetap di tempat. Itu untuk tim independen dan mereka membutuhkan bantuan lebih dari sebelumnya, so no.”
Ia juga sangat yakin dengan aturan CRT yang mulai diberlakukan pada musim 2012 ini, meski suara kontra berdatangan dari berbagai penjuru, termasuk juga sempat disinggung oleh Stoner.
“Mereka tidak jauh. Mereka tidak merusakkan mesin dan Anda telah melihat bahwa motor adalah, di tempat, lebih cepat dari prototipe (di tikungan). Tentu, prototipe yang lebih cepat pada track lurus, dengan kecepatan dan akselerasi, tapi ini bukan hal yang khusus. Satu hal yang sangat penting: kita tidak akan pernah berkata, ‘Anda harus menggunakan mesin produksi’.
“Kami akan mengizinkan tim yang ingin menggunakan mesin produksi untuk tidak berada jauh dari mesin asli. Kami tidak akan mengatakan bahwa, dari tahun 2015, orang harus menggunakan mesin yang memiliki basis produksi. Tidak pernah akan saya katakan itu. Kami akan mengatakan mesin harus seperti ini atau seperti itu dan Anda bisa melakukannya sepenuhnya dari awal dengan beberapa batas pada elektronik dan hal-hal lain. Kemudian biaya akan jelas.”

No comments:

Post a Comment