Friday, April 27, 2012

Preview: MotoGP Jerez 2012

Ada empat Grand Prix yang digelar di negara Spanyol, namun hanya seri yang berlangsung di Circuito de Jerez yang berhak memakai nama Gran Premio De España. GP pertama di benua Eropa dan menandai juga kembalinya jadwal normal setelah pada seri perdana di Qatar sempat rada membingungkan hingga para pembalap Moto3 dan Moto2 “dipaksa” melakukan sesi warm-up sehari sebelum race.
Lorenzo Stoner Pedrosa 300x187 Preview: MotoGP Jerez 2012Lebih dari dua minggu istirahat, tim-tim MotoGP (dan juga Moto2 serta Moto3) segera akan disambut oleh balapanback-to-back, GP Spanyol pada akhir pekan ini lalu berlanjut ke Portugal minggu depan. Tentu saja pabrikan dan tim tidak hanya tinggal diam selama masa istirahat sebelumnya. Berdasarkan hasil yang diraih pada seri pembuka di sirkuit Losail, mereka pastinya telah berancang-ancang untuk menyambut dua race beruntun ini.
Lanjutan Perang Lorenzo, Pedrosa & Stoner
Sirkuit Losail, Qatar telah menjadi saksi sengitnya perebutan podium puncak di awal musim 2012 ini. Pembalap Yamaha Factory Racing Jorge Lorenzo harus berupaya keras untuk menundukkan dua pembalap dari tim Repsol Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa.
Kemenangan atas dua rider pabrikan Honda itu tentu saja membuat girang Lorenzo dan juga kru Yamaha. Menghadapi seri Jerez, juara dunia MotoGP 2010 itu merasa cukup percaya diri. Apalagi banyak momentum yang bisa menambah motivasinya untuk memenangkan seri kedua musim ini.
Pertama, ini adalah home race bagi Jorge. Kedua, jika berhasil menang ia akan semakin kuat memimpin kelasemen. Ketiga, kemenangan di sirkuit ini akan membuatnya menciptakan hat-trick setelah dua musim sebelumnya ia selalu juara. Keempat, jika sukses naik podium puncak, ia akan menjadi pembalap MotoGP pertama yang bisa meraih kemenangan beruntun pada dua seri pembuka. Pembalap terakhir yang bisa melakukan hal itu adalah Valentino Rossi dan itu terjadi pada tahun 2001 saat kelas primer masih menggunakan motor 500cc. Dan kelima, di Jerez ini Lorenzo sedang membidik kemenangan ke-40 di semua kelas.
Dengan sederet hal khusus itu dan ditambah hasil bagus saat sesi test pra-musim di sirkuit ini, jelas membuat rider asal Mallorca itu sangat termotivasi untuk kembali menang. Tetapi, duet Stoner dan Pedrosa tentu saja tak akan tinggal diam.
Meskipun wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto mengaku belum berani mencanangkan kemenangan pada seri kedua ini karena menurutnya, RC213V masih menyimpan banyak problem yang belum teratasi, namun kenyataan bahwa Pedrosa dan terutama Casey mampu mencetak hasil yang bagus saat test pra-musim di sirkuit ini jelas membuat mereka berdua punya semangat lebih untuk menghadang Lorenzo.
Dani terakhir kali naik podium tertinggi pada tahun 2008. Sejak 2009 hingga 2011 lalu ia harus puas selalu jadirunner-up. Kali ini pastinya ia akan berusaha keras untuk bisa menang di hadapan publik Spanyol. Sedangkan Stoner masih membidik kemanagan pertamanya di sirkuit ini. Jerez adalah satu dari dua sirkuit yang ada pada kalender MotoGP 2012 yang belum pernah dimenangkannya.
Tiga Yamaha dan Satelit Honda
Yang patut juga dinanti pada seri kali ini adalah sepak terjang tiga pembalap Yamaha selain Lorenzo. Sang team-mate Ben Spies serta duet Monster Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso.
Circuito de Jerez 300x175 Preview: MotoGP Jerez 2012Spies meraih hasil sangat mengecewakan di Qatar saat ia hanya finish di posisi ke-11 dan merupakan posisi paling buncit untuk penunggang motor factory prototype. Manghadapi balapan di Spanyol ini, rider asal Texas itu bertekad naik podium. Semoga saja tekadnya bisa terwujud atau setidaknya ia bisa finish di depan pembalap satelit Yamaha. Jika gagal, reputasinya sebagai pembalap pabrikan akan sangat dipertanyakan.
Sedangkan bagi Cal dan Dovi, Jerez akan menjadi lanjutan pertarungan rekan satu tim. Di Losail mereka berhasil finish sebagai penunggang motor satelit terdepan namun masih tertinggal 17 detik lebih dari Lorenzo. Berbekal hasil winter test lalu, di sirkuit ini harusnya mereka bisa lebih dekat lagi dengan barisan depan.
Sementara dua pembalap satelit Honda yang menunjukkan penampilan yang cukup menjanjikan pada seri lalu juga patut ditunggu aksinya. Alvaro Bautista (San Carlo Honda Gresini) memang gagal membendung perlawanan pembalap pabrikan Ducati Nicky Hayden, tetapi sebagai balapan pertama di atas Honda (spec satelit) serta dengan didera problem pada bagian depan motor sejak sesi latihan, finish ke-7 jelas bukan sebuah hasil yang buruk.
Balapan perdana rookie Stefan Bradl (LCR Honda MotoGP) di atas motor MotoGP juga cukup menjanjikan. Ia sempat berada di urutan ke-6 dalam waktu yang cukup lama meskipun akhirnya hanya berakhir di posisi ke-8. Hasil ini menyisakan harapan yang tinggi untuk jawara Moto2 setelah tahun lalu Toni Elias terseok-seok di tim yang sama.
Yang Baru di Ducati?
Usai race di Qatar, Valentino Rossi secara terbuka menyampaikan keluhannya terhadap para insinyur Ducati yang menurutnya tidak mengikuti arahannya dalam membangun GP12. Jika kita ingat tahun lalu, hal serupa sempat terjadi usai balapan di sirkuit Silverstone, Inggris. Saat itu, Ducati menjawab keluhan Rossi dengan memberinya GP11.1 pada seri berikutnya (Assen, Belanda). Akankah hal serupa akan berlaku juga di Jerez tahun ini?
Ducati pastinya tidak tinggal diam menerima keluhan The Doctor. Mungkin solusi yang ditawarkan tidak se-radikal GP11.1 namun pasti akan ada sesuatu yang baru yang telah dipersiapkan, apalagi jika melihat fakta minggu lalu tim test Ducati sempat mengadakan uji coba di sirkuit Mugello.
Ada harapan Valentino akan meraih hasil bagus kali ini mengingat ia adalah pembalap MotoGP tersukses di sirkuit ini. Rossi telah delapan kali menang di Jerez dimana enam diantaranya dicetak saat berlaga di kelas puncak. Munggu ini ia akan melakukan start ke-200 di kelas primer.
Harapan Lebih Dari CRT
Sub kategori baru CRT kembali akan menjajal kemampuan motor hasil racikan non-pabrikan di seri kedua ini. Di Qatar mereka masih jauh tertinggal dari penunggang motor factory prototype. Kita layak berharap para rider privateerini bisa “bicara” lebih banyak di Jerez, mengingat semuanya sudah pernah menjajal motor mereka di sirkuit ini.
Berikut adalah jadwal Gran Premio bwin de España 2012 (dalam WIB/GMT +7)
Jumat,27 April 2012
Moto3 FP1 14:15 – 14:55 MotoGP FP1 15:10 – 15:55 Moto2 FP1 16:10 – 16:55
Moto3 FP2 18:15 – 18:55 MotoGP FP2 19:10 – 19:55 Moto2 FP2 20:10 – 20:55
Sabtu, 28 April 2012
Moto3 FP3 14:15 – 14:55 MotoGP FP3 15:10 – 15:55 Moto2 FP3 16:10 – 16:55
Moto3 QP 18:00 – 18:40 MotoGP QP 18:55 – 19:55 Moto2 QP 20:10 – 20:55
Minggu, 29 April 2012
Moto3 WUP 13:40 – 14:00 Moto2 WUP 14:10 – 14:30 MotoGP WUP 14:40 – 15:00
Moto3 RACE 16:00 Moto2 RACE 17:20 MotoGP RACE 19:00

No comments:

Post a Comment