Saturday, March 31, 2012

Rp 182,8 Miliar Per Tim MotoGP

Ezpeleta makin tak main-main dengan ambisinya memangkas budget di MotoGP. Ia mengklaim anggaran mahal di kejuaraan balap motor tertinggi dunia ini yang justru memburamkan masa depan tim-tim yang berkompetisi. 

So, Ezpeleta mengusulkan nantinya tiap tim MotoGP hanya diperbolehkan memiliki budget tak lebih dari 15 juta euro atau Rp 182,8 miliar. Angka ini tentu di luar gaji pembalap dan marketing. 

Ezpeleta menyebut 15 juta euro jauh di bawah total budget yang dihabiskan Honda Racing Company (HRC). Per musim pabrikan Jepang berlogo sayap mengepak ini ditengarai menggelontorkan uang hingga 40 juta euro atau Rp 487,6 miliar. 

"Batasan budget per tim yang saya usulkan yakni 15 juta euro di luar gaji pembalap dan marketing," kata Ezpeleta kepada harian Spanyol, AS, Sabtu (31/3). 

Ezpeleta menegaskan budget bisa dikurangi dengan merancang regulasi teknis pengembangan motor. Sektor riset dan pengembangan memang paling menyedot fulus tim-tim pabrikan macam Honda, Yamaha, dan Ducati. 

Regulasi lain untuk mendukunga budget cap yakni pembatasan tiap pabrikan memiliki lebih dari 2 motor resmi pabrikan dan 2 motor tim satelit dengan level teknis seperti sekarang. 

Selain itu, juga diajukan proposal harga sewa motor prototipe dari pabrikan ke satelit atau CRT hanya berkisar 1-1,2 juta euro dan 1 motor untuk 1 pembalap. 

"Kita tak mau terus terjadi seperti Honda yang mengeluarkan 40 juta euro untuk tim resminya tiap tahun," cetus Ezpeleta. 

Jika MotoGP lebih murah, Ezpeleta mengklaim ada beberapa pabrikan yang tertarik bergabung macam BMW. Akhir Mei dipatok sebagai deadline untuk kesepakatan perubahan regulasi MotoGP seusai 2012. 

Well, mari berharap ketiga pabrikan yang ada sekarang (Honda, Yamaha, dan Ducati) setuju dengan usulan Dorna dan tak menarik diri dari MotoGP tahun depan.

No comments:

Post a Comment