Sunday, October 30, 2011

Tech 3 Tunjuk Rider Superbike Gantikan Edwards

Foto: Colin Edwards (Getty Images)
Yamaha Tech 3 Racing Team, menunjuk juara AMA Superbike, Josh Hayes untuk menggantikan posisi Colin Edwards yang mengalami cedera setelah mengalami kecelakaan fatal di MotoGP Malaysia, pekan kemarin. Sedianya, Hayes akan tampil di seri terakhir di GP Valencia, pada Minggu (6/10/2011) mendatang.

Edwards terlibat kecelakaan serius dengan Marco Simoncelli yang membuat nyawa Super Sic melayang di atas lintasan. Sementara, The Texas Tornado -julukan Edwards sendiri mengalami dislokasi bahu yang membuat pembalap veteran asal Amerika Serikat itu harus menepi dari lintasan.

Ditunjuknya Hayes tidak lepas dari peran yang sempat dilakoninya saat menjadi pembalap penguji motor Edwards. Bukan hanya, itu  joki 36 tahun itu memiliki rapor gemilang di pentas AMA Superbike. Yang jadi pertimbangan utama, tentu prestasinya menjadi juara dunia dua musim AMA Superbike pada 2010 dan 2011.
Acuan mantap itulah yang agaknya menjadi pertimbangan utama Yamaha Tech 3 memilih Hayes untuk mengisi sadel lowong yang ditinggal Edwards. Terkait hal ini,  DIrektur Balapan Yamaha, Lin Jarvis menyatakan salah satu alasan utamanya memilih Hayes.“Kami mencari rider dengan tingkat pengendara tertentu. Kami ingin sesuatu yang lain dari pembalap tes biasa,” demikian komentar Jarvis dikutip Crash, Minggu (30/10/2011).

Sebelumnya, sempat muncul opsi Yamaha Tech 3 akan memakai jasa Katsuyuki Nakasuga. Namun, pembalap asal Jepang itu menjadi subsitusi Jorge Lorenzo dalam GP Malaysia yang berakhir tanpa pemenang, karena balapan dihentikan di lap ke-2.

Hanya, Nakasuga tidak mampu menunjukkan performanya yang kompetitif. Ini terbukti di GP Malaysia pekan kemarin di mana Nakasuga harus puas mengawali balapan di posisi terbuncit. Jadi, bisa dimaklumi bila pilihan Yamaha Tech 3 jatuh ke tangan Hayesh.

No comments:

Post a Comment