Sunday, December 19, 2010

Sayembara Nomor 1 Lorenzo

MotoGP Mania – Ketika ditanya apakah musim 2011 mendatang Jorge Lorenzo akan mengganti nomor 99 dengan nomor 1, juara dunia MotoGP 2010 itu mengatakan hanya akan mengganti nomor 99 dengan angka lain jika dia menemukan desain yang bagus. Untuk membuktikan omongannya tersebut, X-Fuera kini mengadakan sayembara desain nomor 1 untuknya. Pemenangnya akan mendapat hadiah helm X-Lite replika Lorenzo.

lorenzo 250cc Sayembara Nomor 1 Lorenzo
Di MotoGP penggunaan angka 1 itu adalah hak bukan kewajiban. Jadi sang juara dunia boleh menggunakaannya atau tetap memilih memakai nomor kesayangannya seperti yang dilakukan Barry Sheene dengan nomor 7-nya atau Valentino Rossi dengan nomor legendaris 46-nya.
Sebelumnya sempat ada anggapan atau tepatnya mitos bahwa rider pengguna nomor 1 itu tak akan berhasil mempertahankan gelarnya. Ini berdasarkan pengalaman, setelah era Mick Doohan tak satupun rider primier class yang berhasil kembali menjadi juara dunia saat memakai nomor 1. Mereka berturut-turut adalah Alex Criville, Kenny Roberts, jr, Nicky Hayden dan Casey Stoner.
Mungkin karena itu, kebiasaan tetap menggunakan “nomor pribadi” bukan nomor 1 saat menjadi juara dunia akhirnya mewabah ke kelas 250cc dan bahkan juga ke ajang World Superbike. Marco Simoncelli tetap memakai nomor 58 pada musim 2009, Troy Bailiss pun tetap memakai nomor 21 saat kembali menjadi juara dunia WSBK. Bahkan Max Biaggi, mantan musuh bebuyutan The Doctor yang musim ini menjadi juara dunia Superbike juga sepertinya tahun depan tetap akan memakai angka 3 di motornya.
Apakah Lorenzo tidak takut dengan mitos tersebut? Mungkin tidak. Saat jadi juara dunia di kelas 250cc musim 2006 lalu, tahun depannya Lorenzo mengganti nomor 48 dengan nomor 1. Toh dia berhasil mempertahankan gelar juara dunianya. Atau kalau dilihat-lihat para rider yang mengalami kegagalan saat menggunakan nomor 1 toh tak juga berhasil menjadi juara dunia saat kembali menggunakan nomor aslinya. Demikian pula tak semua rider yang saat jadi juara dunia tidak menggunakan nomor 1 sukses mempertahankan gelar juara dunianya.
Cuma kalau Lorenzo menginginkan nomor 99 selalu dikenang menjadi miliknya (seperti halnya 46-nya Rossi atau 7-nya Barry Sheene), mestinya ada baiknya dia setia dengan angka tersebut. Apalagi X-Fuera memilih angka 99 sebagai pengganti angka 48 adalah atas pilihan penggemarnya (berdasarkan polling). Selain itu angka tersebut punya makna filosofi yang mendalam, karena 99 = 46+27+26.

No comments:

Post a Comment