Saturday, December 18, 2010

Ben Spies: Persiapan Kudeta?

Ben Spies belum menjalani satu hari pun dari kontrak barunya bersama team Yamaha Factory, namun sudah beredar isu kalau kontraknya yang semula dua tahun (2011-2012) akan diperpanjang hingga musim 2013. Apakah ini bagian dari rencana untuk meng-kudeta Jorge Lorenzo?

Spies saat test pertama bersama Yamaha Factory Team Yamaha sepertinya belajar dari pengalaman sebelumnya. Lorenzo sudah bergabung sejak musim 2008 lalu, namun selama tiga tahun kebersamaannya, Yamaha mengontraknya masing-masing per satu tahun. Meski tak pernah secara resmi diakui, jelas hal itu terjadi karena Yamaha sangat tergantung pada kemauan Valentino Rossi.

Yamaha akhirnya mengalami dilema besar di musim 2010. Rossi adalah pahlawan bagi mereka, sedangkan Lorenzo adalah rider masa depan. Mempertahankan keduanya tentu sangat sulit mengingat tingkat rivalitas mereka yang semakin ketat.
Pabrikan berlogo garpu tala sepertinya tak ingin dilema itu terulang lagi. Mereka tak mau kedua rider-nya menghabiskan kontraknya di tahun yang sama, karena Yamaha juga (untuk pertama kalinya) sudah mengontrak Lorenzo dua tahun sekaligus (2011-2012). Tapi kenapa kontrak Spies yang diperpanjang? Bukan kontrak Lorenzo?

Dari sisi bisnis tentu saja mengikat rider Amerika itu saat ini akan jauh lebih murah ketimbang nanti setelah dia menjadi lebih jago, apalagi jika berhasil menjadi juara dunia. Namun diluar itu, sepertinya ada alasan lain yang membuat Yamaha ingin segera “mengunci” rider berjuluk The Texas Terror tersebut.

Lorenzo kini sudah berstatus juara dunia. Kemungkinannya untuk meninggalkan Yamaha akan lebih besar dibandingkan Ben Spies. Baik karena ingin mencoba tantangan baru bersama team & pabrikan lain atau justru karena dikalahkan oleh rekan satu team-nya.

Di luar itu, Spies memang rider yang potensial. The Elbowz sempat “menggegerkan” arena World Superbike karena langsung menjadi juara dunia di tahun pertamanya (2009). Prestasi itu pula yang membuat Yamaha segera menariknya ke arena MotoGP sebelum keduluan digaet pabrikan lain.

Sebelum tampil penuh di musim 2010, Spies sudah pernah menjajal arena MotoGP. Pada musim 2008 dia turun di seri Inggris (Donington Park) sebagai rider pengganti Loris Capirossi di team Rizla Suzuki. Start dari posisi ke-8, Spies berhasil pulang dengan 2 poin alias finish ke-14.

Pada seri terakhir musim 2009 lalu, Spies juga mendapat kesempatan turun sebagai rider wild card bersama Yamaha. Hasilnya lebih baik, start dari posisi ke-9 dan finish di posisi ke-7.

Nama Ben Spies semakin diperhitungkan saat musim 2010 menjadi satu-satunya rider dari team satelit yang berhasil naik podium. Posisi ke-3 di Silverstone dan runner-up di Indianapolis. Gelar Rookie of The Year pun jatuh ke tangannya.  Walau begitu tak sedikit pula yang menyayangkan kenapa Spies harus ditempatkan di team satelit. Ya, selain belum ada tempat untuknya di team pabrikan Yamaha, regulasi MotoGP 2010 juga tidak mengizinkan seorang rookie langsung bergabung dengan team pabrikan (kecuiali Suzuki).

Jika dilihat dari sisi positif, tak langsung gabung dengan factory team juga memberi keuntungan tersendiri buat rider kelahiran Texas, 11 Juli 1984 itu. Spies bisa mengenal YZR-M1 secara bertahap sehingga tidak mengalami “masa-masa kaget” seperti yang pernah dialami Lorenzo di musim perdananya di kelas puncak.

Pada tiga seri awal Lorenzo tampil gemilang, selalu meraih pole position dan selalu naik podium. Yang terakhir bahkan langsung jadi juara seri. Namun hal itu ternyata memiliki dampak buruk. X-Fuera jadi mencoba “mendorong” lebih kuat dan akhirnya berujung kecelakaan demi kecelakaan.

“Keberuntungan” lain yang dimiliki Spies adalah tidak “dimusuhi” oleh rekan satu team-nya. Meski dinding pemisah paddock sepertinya tetap akan dipertahankan, namun antara Lorenzo dan Spies berada dalam satu mamagement di bawah pimpinan team manager, Wilco Zeelenberg. Data sharing yang sempat ditiadakan antara Rossi dan Lorenzo pun kini tak berlaku untuk duet baru ini.

Akankah di musim pertama duetnya, Spies bisa menjadi pesaing terdekat Lorenzo? Sangat sangat mungkin! Bisa jadi karena sangat yakin akan hal itu, hingga artikel ini di-publish, The Texas Terror belum deal dengan kontrak baru yang diajukan Yamaha.

Dan yang pasti, Ben Spies adalah salah satu rider yang musim 2011 berpotensi membubarkan dominasi The Fantastic Four.

No comments:

Post a Comment