Friday, April 20, 2012

Ban Baru Untuk MotoGP





















Ban depan spesifikasi baru secara bertahap akan menggantikan spesifikasi yang selama ini digunakan pembalap. Untuk tahap awal, di seri kedua MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, 29 April nanti, masing-masing pembalap diberi jatah dua ban depan spek baru. Dengan begitu, di Jerez nanti semua pembalap punya 11 jatah ban depan.Untuk sementara pasokan ban baru ini hanya menyediakan kompon keras. Selanjutnya diproduksi tiga jenis kompon berbeda sebagaimana mestinya.
Saat sirkus MotoGP dihelat Inggris di Sirkuit Silverstone pada 17 Juni mendatang,  ban model baru itu diproyeksikan menjadi standar MotoGP. Jatah ban depan masing-masing pembalap pun kembali jadi 9 seperti sedia kala.
Hiroshi Yamada, bos Bridgestone Motorsport, menyebut rancang bangun ban spek baru itu berdasarkan performa motor dan analisis data berikut masukan para pembalap sepanjang winter test lalu. Masukan khusus juga datang dari veteran MotoGP Loris Capirossi yang kini jadi Safety Advisor di Dorna (promotor penyelenggara MotoGP).
Bridgestone juga mengajukan proposal baru untuk pengaturan ban basah (wet tyre) yang disesuaikan dengan  Komisi Keselamatan FIM. Sekarang ini setiap pembalap dijatahi masing-masing empat ban basah untuk roda depan dan empat roda belakang. Kecuali kalau mayoritas sesi latihan bebas berlangsung dalam hujan, maka jatah itu otomatis jadi lima buah. Sayangnya, selama ini ban basah hanya tersedia dalam satu jenis kompon saja. Ke depan, suplair ban menyediakan ban basah dengan alternatif pilihan kompon agar pembalap bisa menentukan ban basah yang bisa menopang performanya.
Juragan Dorna, Carmelo Ezpelata, menyambut baik perubahan-perubahan tersebut. Itu bukan hanya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pembalap, tapi juga membuat aksi mereka di lintasan bisa lebih konsisten sehingga semakin seru sebagai tontonan.

No comments:

Post a Comment