Ban depan spesifikasi baru secara bertahap akan menggantikan spesifikasi yang selama ini digunakan pembalap. Untuk tahap awal, di seri kedua MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, 29 April nanti, masing-masing pembalap diberi jatah dua ban depan spek baru. Dengan begitu, di Jerez nanti semua pembalap punya 11 jatah ban depan.Untuk sementara pasokan ban baru ini hanya menyediakan kompon keras. Selanjutnya diproduksi tiga jenis kompon berbeda sebagaimana mestinya.
Saat
sirkus MotoGP dihelat Inggris di Sirkuit Silverstone pada 17 Juni
mendatang, ban model baru itu diproyeksikan menjadi standar MotoGP.
Jatah ban depan masing-masing pembalap pun kembali jadi 9 seperti sedia
kala.
Hiroshi
Yamada, bos Bridgestone Motorsport, menyebut rancang bangun ban spek
baru itu berdasarkan performa motor dan analisis data berikut masukan
para pembalap sepanjang winter test lalu. Masukan khusus juga datang
dari veteran MotoGP Loris Capirossi yang kini jadi Safety Advisor di
Dorna (promotor penyelenggara MotoGP).
Bridgestone
juga mengajukan proposal baru untuk pengaturan ban basah (wet tyre)
yang disesuaikan dengan Komisi Keselamatan FIM. Sekarang ini setiap
pembalap dijatahi masing-masing empat ban basah untuk roda depan dan
empat roda belakang. Kecuali kalau mayoritas sesi latihan bebas
berlangsung dalam hujan, maka jatah itu otomatis jadi lima buah.
Sayangnya, selama ini ban basah hanya tersedia dalam satu jenis kompon
saja. Ke depan, suplair ban menyediakan ban basah dengan alternatif
pilihan kompon agar pembalap bisa menentukan ban basah yang bisa
menopang performanya.
Juragan
Dorna, Carmelo Ezpelata, menyambut baik perubahan-perubahan tersebut.
Itu bukan hanya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pembalap, tapi
juga membuat aksi mereka di lintasan bisa lebih konsisten sehingga
semakin seru sebagai tontonan.
No comments:
Post a Comment