Wednesday, January 18, 2012

MotoGP Jajaki Korea & India


Sukses menggelar F1, Sirkuit Buddh International di India dan Korea di Seoul, Korsel kini siap disambangi sirkus MotoGP. Dorna tak main-main ingin menghelat MotoGP di kedua raksasa industri Asia ini.

Bos Dorna Carmelo Ezpeleta telah mengunjungi Sirkuit Buddh International di Greater Noida, awal Desember 2011. Ezpeleta dan pengelola sirkuit tengah membahas kemungkinan menyelenggarakan MotoGP pada 2013.

Ezpeleta juga mengkonfirmasikan sejumlah perwakilan Dorna sudah menginspeksi Sirkuit Korea International, pekan lalu.

Diskusi dengan India dan Korea makin mempertegas komitmen Dorna dan FIM untuk mengglobalisasikan MotoGP. Ezpeleta menyebut Brasil dan Chile pun tertarik mendatangkan MotoGP ke negara mereka.

Di pengujung 2011, Dorna juga telah mencapai kesepakatan dengan Texas, Amerika Serikat, dan Argentina untuk menghelat MotoGP di sana pada 2013.

Kendati begitu, Ezpeleta menegaskan Dorna dan FIM tak berniat menambah jumlah seri per musim melebihi format sekarang, yakni 18 seri. Artinya, akan ada beberapa seri yang dicoret seusai 2012.

Estoril (Portugal), Jerez dan Catalunya (keduanya di Spanyol) jadi 3 seri yang paling mungkin dihapus dari kalender MotoGP. Ketiga sirkuit ini kena imbas dari krisis finansial di negaranya. Ezpeleta bersikeras bakal memberi porsi 50:50 untuk event di Eropa dan di luar Eropa.

"Belakangan, keinginan negara di luar Eropa menghelat MotoGP makin besar. Apalagi, situasi ekonomi di Spanyal dan Portugal sekarang sedang tak bagus. Ini berefek terhadap 5 seri di semenanjung Iberia (Spanyol)," jelas Ezpeleta kepada MCN, Selasa (17/1).

No comments:

Post a Comment