Thursday, September 29, 2011

Philip Island Gelar Tes Pra-Musim MotoGP?



Terbatasnya sesi tes pra musim MotoGP yang belakangan ini mulai diberlakukan untuk semua kelas di balap prototipe MotoGP, membuat banyak tim dan pembalap mengeluhkan sulitnya mengembangkan motor dengan sesi tes yang terbatas. Salah satu pembalap yang paling terkena dampaknya adalah Valentino Rossi.

Bukan hanya Rossi dan tim-tim pabrikan, namun Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban di MotoGP, juga merasa bahwa sesi tes untuk penggunaan ban MotoGP perlu ditambah. Bridgestone membutuhkan data lebih banyak dari sirkuit yang cenderung memiliki temperatur aspal yang lebih rendah. Hal ini penting untuk meningkatkan grip level ban ketika kondisi cuaca mulai tidak menentu di awal musim 2012.

Kabarnya alokasi permintaan sesi tes tersebut bakal ditempatkan di sirkuit Philip Island Australia sebelum pelaksanaan sesi tes pra musim terakhir di Qatar. Hal ini dilakukan karena kondisi cuaca di Philip Island agak dingin menjadikan sesi pengetesan grip level ban pada temperatur lintasan yang dingin, lebih akurat.

Namun permintaan untuk pelaksanaan sesi tes di Philip Island Australia ini, belum ada tanggapan dari FIM (Federasi balap motor dunia) tentang hal ini. Semoga ada keputusan yang lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment