Monday, May 28, 2012

Silly Season 2013: Panas Lebih Awal Gara-Gara Stoner

Awalnya pasar pembalap untuk 2013 terkesan tidak akan terlalu menarik. Meski semua pembalap pabrikan akan menghabiskan kontrak dengan timnya masing-masing di akhir musim 2012 ini, namun mereka tampaknya tetap akan bertahan di tempatnya. Semua berubah setelah Casey Stoner menyatakan pensiun di akhir musim.
Rossi Lorenzo1 300x175 Silly Season 2013: Panas Lebih Awal Gara Gara StonerDengan pensiunnya Stoner, kemungkinan para pembalap papan atas berpindah tempat menjadi sangat besar. Seperti apa? Yuk kita telusuri..
Honda – Pabrikan ini menjadi pihak yang paling direpotkan oleh keputusan pensiun Casey. Sebetulnya sih tidak akan jadi masalah jika aturan rookie dihapuskan. Mereka bisa langsung merekrut Marc Marquez untuk menggantikan kursi yang ditinggalkan Stoner. Namun sejauh ini, Dorna masih bersikeras tidak akan mencabut aturan itu.
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menjadi dua nama yang sepertinya menjadi incaran. Jika Rossi memutuskan keluar dari Ducati, sudah menjadi keharusan bagi Honda untuk bisa menggaet salah satu dari dua rider tersebut. Andai Rossi dan Lorenzo kembali berduet di Yamaha, ini bisa jadi bencana buat kubu Honda. Dani Pedrosa sudah terbukti kurang mampu meladeni duet tersebut di masa lalu.
Valentino Rossi – Idealnya Rossi harus tetap di Ducati. Karena jika pergi, predikatnya sebagai rider yang mampu mengendalikan semua jenis motor akan sedikit tercoreng.
Namun, kemungkinan rider Italia itu bertahan di MotoGP hanya untuk dua musim ke depan bisa saja merubah segalanya. Kecuali jika Ducati dirasa sudah semakin kompetitif oleh The Doctor, maka kembali ke Honda atau Yamaha adalah pilihan tepat. Ia tentu sangat ingin pensiun dari MotoGP dengan menjadi juara dunia.
Lebih baik ke Honda atau Yamaha? Sepertinya Honda. Pabrikan ini tampaknya jauh lebih membutuhkan Valentino ketimbang Yamaha. Lin Jarvis baru-baru ini mengungkapkan bahwa menurutnya Rossi kini lebih memerlukan motor kompetitif daripada gaji besar. Itu bahasa diplomatisnya. Bahasa sederhananya, jika Rossi ingin kembali ke Yamaha, ia tak bisa banyak menuntut karena saat ini posisinya Rossi yang perlu Yamaha, bukan sebaliknya. Kecuali, jika rayuan Honda mampu membuat Lorenzo berpaling.
Jorge Lorenzo – Kini rider Spanyol itu berada di puncak bursa pembalap. Dia bisa saja tetap di Yamaha, atau beralih ke Honda, bahkan juga ke Ducati (walaupun yang ini kayaknya tidak akan dipertimbangkan). Tetapi inilah kondisi krusial bagi Jorge. Jika ia salah pilih, bisa berakibat fatal di kemudian hari.
Mungkinkah ia beralih ke Honda? Bicara mungkin sih pasti mungkin saja. Tetapi sepertinya ia akan tetap di Yamaha. Jorge mungkin mempertimbangkan pindah ke Honda malah seandainya Stoner tidak pensiun, karena selama ini ia kerepotan menghadapi rider Australia itu. Dengan motor yang sama, mungkin akan lebih mudah baginya.
Selain itu, Lorenzo juga mesti memikirkan masa depan. Pindah ke Honda, berarti dia mutlak harus jadi juara dunia. Jika tidak, Marc Marquez sudah siap menyingkirkannya.
Sebelum Rossi dan Lorenzo menentukan pilihan, atau aturan rookie itu dihapus, line-up MotoGP 2013 sepertinya masih akan samar-samar.

No comments:

Post a Comment