Thursday, May 24, 2012

Lorenzo Sempat Takut & Benci 'Basah-basahan'


Getty Images
Paris - Akhir pekan lalu Jorge Lorenzo menunjukkan kelihaiannya melaju di lintasan basah. Siapa kira kalau pebalap Yamaha itu dulu sempat amat tidak menyukai balapan dalam kondisi basah.

Lorenzo, yang melakoni debut grand prix pada tahun 2002 dengan memasuki kelas 125cc, pada awalnya selalu menuai hasil burul di dalam balapan basah.

Pebalap 25 tahun asal Spanyol tersebut bahkan dicatat baru berhasil naik podium dalam balapan basah saat finis pada posisi tiga di MotoGP Indianapolis tahun 2008.

Tiga tahun berselang, tahun 2011, lantas menandai pertama kalinya Lorenzo meraih kemenangan di dalam balapan basah. Ketika itu ia menjadi pebalap tercepat di Jerez.

Pada akhir pekan lalu kemenangan kembali ia raih dalam kondisi basah di MotoGP Prancis. Ini disebut sebagai kali pertama Lorenzo menang dalam kondisi lintasan yang benar-benar basah kuyup. Kemenangan itu sendiri ia raih dengan sungguh meyakinkan sehingga terpaut nyaris sepuluh detik dengan pebalap di belakangnya.

Nah, menilik performa di Le Mans tersebut siapa kira kalau ada masanya Lorenzo pernah membenci melaju dalam balapan basah. "Aku dulu sangat tidak suka balapan di tengah hujan. Saat aku masih lebih muda, aku sangat takut balapan ketika hujan karena 90% aku biasanya akan jatuh," aku Lorenzo di Crash.

Ketakutan tersebut rupanya tidak bikin nyali Lorenzo ciut. Ia justru terpacu untuk mengasah kemampuan di tengah hujan sehingga kini jauh lebih mumpuni saat harus "basah-basahan" di lintasan.

"Setelah empat atau lima tahun berlalu, aku bilang kepada diriku sendiri, 'Oke, aku harus meningkatkan balapanku dalam kondisi basah'. Jadi aku ke lintasan go-kart dengan sepeda kecil, membasahi lintasannya dan terus-menerus berlatih keras sampai kondisi basah terasa normal buatku."

"Aku akhirnya mendapatkan triknya. Aku pun jadi lebih cepat. Lebih konsisten. Tidak terlalu banyak ambil risiko. Kini sudah beberapa tahun berlalu sejak aku melakukan latihan itu, tapi aku tetap memiliki skill-nya dan aku sekarang cukup kompetitif dalam hujan," analisis Lorenzo.

No comments:

Post a Comment