Tuesday, May 8, 2012

Lorenzo & Barbera Ukir Rekor Baru di Estoril


Dua rekor sirkuit baru lahir di MotoGP Portugal. Catatan itu ditorehkan dua orang pebalap berbeda, meski keduanya bukan pemenang dalam balapan.
Balapan di Estoril, Minggu (6/5/2012) malam WIB, berhasil dimenangi oleh Casey Stoner. Ini adalah kali pertama pebalap Repsol Honda itu meraih kemenangan MotoGP di Estoril.

Kalau Stoner meraih kemenangan pertama di Estoril, Hector Barbera berhasil mencatatkan rekor baru dalam hal top speed. Melaju dengan kecepatan 335,9 km/jam, pebalap Pramac Ducati itu dicatat situs MotoGP sudah mengukir rekor top speed di Estoril.

Untuk urusan mematahkan rekor kecepatan maksimal, Barbera sebenarnya juga sudah melakukan itu pada seri pembuka di MotoGP Qatar. Kecepatan 342,3 km/jam yang ia buat di atas Ducati Desmosedici GP12 pun sudah tercatat sebagai top speed di Losail.

Sial untuk Barbera, meski sudah dua kali mengukir rekor baru di lintasan MotoGP era 1.000cc ia bahkan belum bisa finis di posisi lima besar. Setelah finis di posisi 9 di Losail, ia kemudian finis di posisi 10 di Jerez dan Estoril.

Selain Barbera yang membuat rekor baru top speed, ada rekor anyar lain yang lahir di Estoril, yakni waktu lap tercepat di dalam balapan alias Circuit Record--mengecualikan waktu dalam sesi selain balapan.

Rekor tersebut ditorehkan Jorge Lorenzo dari Yamaha ketika menggeber Yamaha YZR-M1 yang ia tunggangi pada lap ketiga balapan, untuk menghasilkan catatan waktu 1 menit 36,909 detik.

Dalam balapan sendiri Lorenzo akhirnya finis kedua, sekaligus membuatnya belum pernah absen dari podium MotoGP Portugal; 3 kali naik podium satu (2008, 2009, 2010) dan 2 kali naik podium dua (2011, 2012).

No comments:

Post a Comment