Monday, May 21, 2012

Dua Kemenangan Fantastis Lorenzo

Pembalap Yamaha Factory Racing itu tampil menawan sepanjang balapan. Seperti janjinya seusai kualifikasi, ia harus tampil agresif saat start karena posisinya berada di baris kedua.
Benar saja. Rider Spanyol itu langsung menggenjot M1-nya semaksimal mungkin untuk menyodok tiga pembalap di depannya dan berhasil. Hanya enam putaran awal posisinya terancam oleh rival terberatnya, Casey Stoner (Honda) yang belakangan diketahui terkendala oleh ban basahnya.
Saat menyentuh garis finis, Lorenzo unggul 9,905 detik atas Valentino Rossi (Ducati) yang sukses menekuk Stoner di putaran terakhir. Stoner sendiri tertinggal 11,298 detik.
Lorenzo bukanlah pembalap yang dikenal jago di lintasan basah. Ia bukan seorang rain master. Sepanjang karir MotoGP-nya sejak 2008, ia baru bisa menang di bawah hujan pada GP Spanyol di Sirkuit Jerez 2011. Waktu itu ia finis nomor satu dengan selisih waktu 19,339 detik dari Dani Pedrosa (Honda) sementara Stoner terjatuh di sana dan gagal mencapai finis.
Dua kemenangan fantastis ini belum otomatis menjadikannya sebagai pembalap spesialis hujan. Tapi, setidaknya itu membuatnya lebih yakin untuk menghadapi lintasan macam apa pun musim ini. Di lintasan kering, panas dan berpasir seperti GP Qatar lalu pun terbukti pacuannya mumpuni.
“M1 benar-benar mantap musim ini. Sebenarnya bisa lebih cepat lagi. Tapi, saya memutuskan untuk tidak memacunya maksimal setelah melihat Stoner kesulitan mendekat. Meski tanpa ancaman, saya harus berkonsentrasi penuh menuju finis dan membuat lomba terasa sangat lama. Saya harus perhatikan betul bagian lintasan yang licin karena sedikit saja salah bisa fatal akibatnya,” tutur pemilik 19 kemenangan di MotoGP ini.
Kembali memimpin klasemen dengan keunggulan 8 poin atas Stoner, semangat Lorenzo kini berlipat-lipat menyongsong GP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 1 Juni nanti. Ia tak lagi peduli apakah nanti Catalunya diguyur hujan atau tidak, apalagi bertarung di depan publik sendiri.

No comments:

Post a Comment