Tuesday, May 29, 2012

Dovizioso: Lorenzo Pegang Kendali Bursa Pebalap 2013

Dovizioso: Lorenzo Pegang Kendali Bursa Pebalap 2013
Pebalap tim Monster Yamaha Tech 3, Andrea Doviziosoberpendapat bahwa pimpinan klasemen sementara pebalap, Jorge Lorenzo memegang kendali penuh terhadap bursa pebalap MotoGP musim depan.

Keputusan mengejutkan yang dibuat Casey Stoner untuk pensiun di akhir musim ini telah membuka peluang transfer pebalap lebih awal dari perkiraan.

Keputusan pebalap asal Australia itu pun membuat satu tempat di tim Repsol Honda kosong untuk musim depan, dan banyak pihak memprediksi bahwa Lorenzo bisa saja meninggalkan Yamaha dan mengisi tempat tersebut.

Motorcycle News menyatakan bahwa Yamaha telah mengajukan kontrak baru selama dua tahun kepada Lorenzo di saat yang bersamaan ketika Stoner mengumumkan keputusannya di MotoGP Perancis pekan lalu. Namun sangat jelas bahwa beberapa pebalap akan menunggu bagaimana Lorenzo memutuskan masa depannya sebelum mereka membuat rencana untuk tahun 2013.

Dovizioso secara gamblang menyatakan hasratnya untuk bergabung dengan tim pabrikan Yamaha Factory Racing, yakni tim yang saat ini menaungi Lorenzo, "Bagi semua orang, keputusan Casey mengubah segalanya."

"Ia memilih waktu yang tepat untuk mengumumkan keputusannya, karena itu sangat profesional untuk Honda dan beberapa pebalap lain. Jika ia mengumumkannya di bulan September mendatang, maka sebagai juara dunia dan pebalap tercepat, ia akan memiliki semua kekuasaan (dalam bursa pebalap)," lanjutnya.

"Namun kenyataannya adalah, kini Jorge lah yang memiliki peranan itu. Saya sangat tertarik untuk melihat apakah Honda akan mencoba memboyong Jorge. Atau, bisa saja Honda memiliki 'kekuatan' untuk mengubah 'aturan rookie' untuk Marc Marquez," tambah pebalap berjuluk Little Dragon itu.

"Kini segalanya bisa saja terjadi, dan saya sangat ingin tahu arah mana yang diambil Honda, Yamaha dan Ducati," pungkas pebalap asal Italia tersebut.

Marquez yang kini sedang membalap untuk kelas Moto2, memang selama ini selalu digadang-gadang akan mengisi salah satu tempat di Honda, namun 'aturan rookie' menyebutkan bahwa seorang pebalap rookie yang masuk ke dalam kelas MotoGP tidak diperbolehkan membela tim pabrikan pada tahun debutnya dan harus membalap untuk tim satelit terlebih dulu setidaknya untuk satu tahun. 

No comments:

Post a Comment