Wednesday, May 2, 2012

Crutchlow Layak Diwaspadai

Tahun lalu Crutchlow bukanlah siapa-siapa. Ia hanya pembalap baru dan menutup musim 2011 di peringkat 12.
Tapi, musim ini, popularitasnya melambung tinggi meski balapan baru berlangsung dua seri. Terlebih di Inggris, karena pembalap negara ini sudah begitu lama tenggelam di ajang balap motor sekelas MotoGP yang hanya dikuasai para pembalap Australia dan Spanyol.
Bergabung dengan tim satelit Yamaha, Monster Yamaha Tech3, kehadiran Crutchlow sama sekali tak masuk hitungan tahun ini. Tapi, dua kali aksinya di GP Qatar dan Spanyol mengubah semuanya. Ia tampil ciamik di babak kualifikasi dan sukses finis dua kali di posisi keempat, satu langkah lagi ke podium. Di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (29), Crutchlow nyaris merebut satu tempat di panggung. Ia memberi perlawanan sengit terhadap Pedrosa sepanjang balapan dan beberapa kali nyaris sukses menyalip andalan Repsol Honda itu. Hanya pengalaman dan dukungan penonton yang luar biasa yang membuat Pedrosa bisa bertahan dari tekanan itu.
Itu sebabnya Crutchlow kini lebih diwaspadai ketimbang Valentino Rossi untuk berebut tempat di podium. Ia sudah masuk radar dan sepertinya tinggal menunggu waktunya. Setidaknya, ini diapungkan Lorenzo dan Pedrosa.
“Cal sepertinya sangat cocok dengan mesin baru 1000 cc dan sudah ia tunjukkan dengan hasil besar di dua balapan,” kata Lorenzo.
Pedrosa yang merasakan betapa alotnya perlawanan Crutchlow di Jerez, mengakui pembalap Inggris itu memberi atmosfer tersendiri saat ini. Crutchlow menjadi ikon perlawanan para pembalap tim satelit terhadap pembalap tim pabrikan seperti dirinya dan Lorenzo.
Sebagai mantan juara World Supersport, Crutchlow memang tak sedikit pun canggung mngendalikan motor ber-cc 1000 sebagaimana regulasi tahun ini. Beda dengan mesin kapasitas 800 cc yang selama ini digunakan, khususnya saat pengereman jelang tikungan. “Dan, saya nilai Crutchlow jauh lebih agresif dengan motor sekarang ini. Ia merasa nyaman dan lebih mampu mengendalikannya,” tambah Lorenzo.
Lantas, kapankah Crutclow menginjak podium MotoGP pertamanya?
“Saya hampir mendapatkannya kemarin. Saya tak kecewa, justru makin bersemangat. Pacuan saya punya potensi ke podium dan itu akan saya kejar. Ini bagus buat saya dan fans di seluruh Inggris. Ini penantian panjang dan kesempatan masih sangat terbuka di seri selanjutnya,” janji Crutchlow.

No comments:

Post a Comment