Tuesday, April 24, 2012

Yamaha Fokus di Performa Motor Saat Keluar Tikungan



Satu-satunya masalah yang dimiliki motor Yamaha M1 milik Jorge Lorenzo usai menjalani balapan di MotoGP Qatar awal April 2012 lalu adalah masalah understeer saat keluar tikungan. Dimana motor selalu melebar dari jalur balap (racing line) saat keluar tikungan. Kondisi ini membuat pembalap harus lebih menekan motor lebih dalam agar tidak tergelincir ke gravel.

Tidak ingin masalah ini terjadi di seri kedua, manager tim di kubu Lorenzo yaitu Wilco Zeelenberg menegaskan bakal fokus pada masalah ini sebelum menjalani balapan di Jerez, Spanyol akhir pekan ini.

“Saya rasa kami belum beradaptasi dengan baik pada motor 1000 cc. Kami masih ingin memperbaiki performa motor di tikungan dan kami hanya ingin fokus saat motor keluar dari tikungan. Pasalnya karakter Lorenzo adalah membuka gas secepat mungkin sebelum tikungan habis, sementara motor masih menikung. Jika cara ini dilakukan Lorenzo, motor justru akan keluar dari jalur balap. Padahal ia harus tetap berada di jalur tersebut,” jelas Zeelenberg.

Paparan Zeelenberg tentang fokus perbaikan performa motor sebelum memasuki seri kedua di Jerez, cukup masuk akal. Mengingat Yamaha harus meraih kembali kemenangan dari dominasi yang dilakukan Honda di MotoGP 2011 lalu.

No comments:

Post a Comment