Sunday, April 29, 2012

Lorenzo Cemaskan Performa Ban


Jorge Lorenzo kembali membuka peluang merebut podium pertama di MotoGP Spanyol yang berlangsung Minggu 29 April 2012 besok. The Spaniard tampil sebagai yang tercepat di sesi Kualifikasi.

Juara dunia 2010 itu mencatatkan waktu 1 menit 39,532 detik. Kendati berpeluang besar merebut kemenangan, Lorenzo mengaku cemas dengan tingginya degradasi ban saat berlomba di Jerez. Kondisi cuaca yang sulit diprediksi, pun menjadi tantangan sendiri buatnya untuk menorehkan hasil optimal.

"Dalam situasi seperti ini, kami tidak begitu baik karena performa ban menurun sangat banyak. Setelah delapan atau 10 lap, grip ban mulai berkurang. Jadi kami harus memperlambat kecepatan," keluh Lorenzo.

Dia pun mengakui, kondisinya akan semakin sulit bila hujan mengguyur sirkuit. "Bila hujan lebat sampai sirkuit tergenang, ceritanya akan berbeda. Kami harus memperkuat grip ban belakang," Lorenzo melanjutkan.

Persoalan serupa juga dirasakan oleh rekan satu timnya, Ben Spies. Menurutnya, ban memainkan peranan krusial di lintasan sepanjang 4,428km itu. Jika tim tidak mampu mengatasi masalah yang timbul pada karet hitam tersebut, bukan mustahil tim Garputala bakal kesulitan mendapatkan raihan impressif.

"Kami memulai dengan lintasan basah dan ada beberapa titik gesekan di sekitar ban dengan tekanan tertentu. Kami harus memilahnya dan membuat beberapa perubahan pada motor hingga saya merasa berada di posisi ternyaman," Spies menambahkan. 

No comments:

Post a Comment