Tuesday, April 10, 2012

Bridgestone Ajukan Proposal Ban Basah

(ilustrasi:ist)Penyedia ban MotoGP 2012, Bridgestone mengakomodir permintaan Komisi Keselamatan untuk menyediakan produk yang aman terutama saat para rider melahap lintasan basah.

Seperti beritakan MotoGP, Selasa (10/4/2012), Bridgstone telah mengajukan sebuah revisi untuk alokasi ban basah di setiap lomba. Selama ini para pembalap mendapatkan alokasi empat ban belakang dan empat ban depan yang bertipe basah dalam satu opsi kompon, atau jika saat sesi latihan lintasan selalu basah, Bridgstone menyediakan lima ban basah untuk bagian depan dan belakang.

Jika proposal baru itu disepakati, maka para pembalap tidak lagi hanya mendapatkan
akses satu opsi kompon untuk ban basah per lomba. Tapi Bridgeston bisa saja memberikan ban basah dengan kompon alternatif untuk memastikan keselamatan pembalap di cuaca basah. Dalam kasus ini, setiap pembalap bisa memilih untuk mengganti maksimum dua ban depan dan /atau ban belakang dengan kompon alternatif.

Untuk memfasilitasi revisi alokasi ban yang dibutuhkan dalam proposal itu, FIM akan mengubah peraturan mengenai alokasi ban dan mengajukannya kepada Grand Prix Commission. Jika disetujui, maka peraturan baru akan mulai diberlakukan sesegera mungkin.

Sementara itu Bridgestone berencana memperkenalkan spesifikasi baru ban depan untuk MotoGP yang akan memberikan keleluasaan lebih kepada para pembalap dengan teknologi ban terbaru yang mereka miliki.

“Tapi karena terkendala masalah logistik, kami tidak bisa menyuplai penuh alokasi dari ban depan spesifikasi baru hingga Silverstone. Tapi kami sudah mengubah jadwal produksi dan berupaya untuk menyediakan alokasi terbatas untuk ban depan baru kepada para rider di balapan selanjutnya,” kata Manajer Motorsport Department, Bridgestone, Hiroshi Yamada.

Ban depan terbaru ini merupakan evolusi teranyar dari spesifikasi ban depan MotoGP 2012. Tujuan utamanya adalah meningkatkan feel pembalap dan performa pemanasan. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan data dan masukan para rider selama tes pramusim.

Di Mugello tahun lalu, Bridgeston mengajukan perubahan untuk menyediakan ban belakang slick yang lebih lunak untuk membuat para rider lebih fleksibel dalam memilih alokasi final ban belakang mereka.

Bridgestone juga menambah kompon ban depan yang bisa digunakan hingga berjumlah tiga sejak lomba di Brno. Ini membuat ketersediaan ban depan dengan kompon lebih lembut terjamin di setiap lomba.

No comments:

Post a Comment