Wednesday, April 11, 2012

Ban Bridgestone 2012, Sukses Bikin Balapan Lebih Seru



Kompon ban Bridgestone yang tahun lalu dikeluhkan oleh para pembalap karena sulit mencapai temperatur ideal untuk digeber, tahun 2012 sudah mulai terlihat lebih baik. Kompon ban yang lebih cepat panas, namun memiliki durabilitas terbatas, ternyata mampu membuat balapan jadi lebih seru.

Di satu sisi pembalap yang mempunyai performa motor bagus bisa melesat sejauh mungkin di depan, namun jika tidak memperhatikan durabilitas ban, maka ia akan mengalami kesulitan di akhir-akhir balapan. Sementara pembalap yang mampu menggunakan kompon ban dengan bijak, akan mempunyai performa yang lebih merata hingga akhir balapan.

Artinya, seorang pembalap tidak hanya memaksimalkan tenaga motor secara brutal di awal balapan. Namun juga harus memikirkan efektifitas penggunaan ban, agar durabilitasnya bisa lebih lama alias kompon ban tidak mengalami penurunan secara drastis.

“Setelah melalui tiga lap, motor sudah bisa berbelok dengan cara sliding alias sideways. Tentunya sangat menyenangkan sebab anda selalu mengendara dalam kondisi yang sliding dan harus percaya pada kontrol traksi dan ini tidak mudah,” jelas Lorenzo.

Tidak jauh berbeda dengan Lorenzo, Casey Stoner pun menganggap bahwa kompon ban Bridgestone 2012, menghadirkan sensasi tersendiri. Jadi pembalap harus lebih pintar menggunakan kondisi ini.

No comments:

Post a Comment