Sunday, March 18, 2012

Yamaha Siap Pasok Motor yang Sama, Meski Harga Lebih Murah



Kontroversial usulan Dorna Sports yang menginginkan tim pabrikan menjual motornya ke tim satelit tidak lebih dari 1 juta Euro mulai tahun 2013, memang sudah ditolak mentah-mentah dua tim pabrikan yang berlaga di MotoGP yaitu Honda dan Ducati. Namun bagi Yamaha, 1 unit motor prototipe yang dibatasi paling mahal 1 juta Euro, masih cukup masuk akal.

Bahkan pihak Yamaha berani memberikan jaminan bahwa mereka akan tetap memasok motor dengan teknologi yang sama, kepada tim satelit atau privatir jika pembatasan itu diberlakukan nantinya. Menurut Lin Jarvis sebagai managing director Yamaha Motosport, bahwa ini sangat mungkin mereka lakukan, tinggal mencari jalan tengah sebagai bentuk kompensasi dari harga murah tersebut.

“Rasanya harga 1 juta Euro untuk semusim adalah target yang sangat realistis. Tapi di level ini semua tim pabrikan sudah pasti akan melakukan pengorbanan dari sisi finansial. Artinya harus ada subsidi ke tim satelit, agar mereka mempunyai motor dengan teknologi sama dengan motor tim pabrikan,” jelas Jarvis.

“Dari semua tim pabrikan yang berlaga di MotoGP, hanya Yamaha yang menjual motor prototipe paling mendekati harga 1 juta Euro untuk semusimnya kepada tim satelit. Yamaha tinggal melakukan sedikit perubahan dan kesepakatan dengan tim satelit atau privatir, agar harga 1 juta Euro itu bisa masuk. Apakah sudah masuk tambahan komponen jika terjadi insiden, ataukah tidak,” imbuh pria asal Italia itu.

Selain menegaskan bahwa pihaknya siap memasok motor dengan harga 1 juta Euro ke tim satelit atau privatir, Yamaha juga menegaskan bahwa tim pabrikan lain bisa melakukan hal ini. Tentunya dengan berbagai macam kompensasi, dan pastinya harus ada sedikit subsidi kepada tim-tim privatir tersebut.

No comments:

Post a Comment