Sunday, March 18, 2012

Yamaha Dukung Motor Murah


Kebijakan yang mengatur harga sewa murah dengan level teknologi tinggi motor MotoGP terus dibahas antara Dorna dan ketiga tim pabrikan yang tergabung dalam Motorcycle Sport Manfacturers Association (MSMA): Yamaha, Ducati, dan Honda.

Proposal ini diajukan bos Dorna Carmelo Ezpeleta. Intinya, ia ingin pabrikan memberi harga murah kepada tim independen untuk menyewa motor prototipe mereka. Harga maksimal yang diusulkan Dorna yakni 1-1,2 juta euro per musim.

Pembahasan alot terjadi pada paket apa saja yang didapat tim independen atau satelit dari harga semurah itu.

"Ini tergantung pada apa yang termasuk dalam paker untuk 1 juta euro. Apakah
ini sudah termasuk crash parts (penggantian suku cadang akibat kecelakaan)? Kami harus memperjelasnya," kata bos Yamaha, Lin Jarvis, kepada MCN, Jumat (16/3).

Meski begitu, Jarvis menyebut Yamaha mendukung penuh proposal harga sewa murah motor kepada tim satelit. Jarvis mengklaim harga sewa 1-1,2 juta euro yang diusulkan Dorna tak jauh dari harga sewa YZR-M1 kepada tim Yamaha Tech 3 yang digeber Cal Crutchlow untuk musim 2012 dan 2013.

"Saya rasa sewa 1 juta euro realistis. Saat ini, harga sewa mahal berimbas pada bertambahnya uang yang dikeluarkan pabrikan untuk mensubsidi tim-tim satelit agar bisa mendapat spesifikasi motor seperti yang kami punya sekarang," urai Jarvis.

Ia menambahkan, "Agar terjadi impas atau mendulang untung, pabrikan harus menurunkan spesifikasi mesin motor sewaannya. Tapi, saya yakin yama tak perlu melakukan itu. Kami sanggup menyediakan motor dengan spesifikasi seperti sekarang dengan mensubsidi pengembangannya. Yamaha siap melakukan ini.

"Di antara tim pabrikan, kamilah yang paling mendekati harga sewa 1 juta euro. So, saya pastikan Yamaha hanya perlu sediki membuat perubahan untuk memenuhi harga sewa itu.

Sayangnya, tak semua pabrikan menyetujui harga sewa murah ini. Ducati telah tegas menolak membangun motor murah dengan mempertahankan level teknologi tinggi.

Honda belum bersikap. Pabrikan Jepang ini masih mempertimbangkan menurunkan atau mempertahankan harga sewa 3 juta euro RC213V yang kini diberlakukan kepada 2 tim satelitnya: San Carlo Gresini Honda dan LCR Honda.

No comments:

Post a Comment