Saturday, March 31, 2012

6 Proposal Penyelamat MotoGP

Dorna menilai proyek Claiming Rule Teams (CRT) yang akan mulai diterapkan di 2012 tak akan bisa menyelamatkan MotoGP untuk waktu panjang. So, Dorna terus berusaha merangkul Motorcycle Sport Manufacturers Association (MSMA) atau Asosiasi Pabrikan Motor, yakni Honda, Yamaha, dan Ducati.

Bos Dorna Carmelo Ezpeleta telah menjabarkan 6 proposal regulasi anyar yang intinya untuk memangkas anggaran dan gap waktu antara motor prototipe dengan CRT mulai 2013. 

Pembicaraan soal ini sudah dibahas Dorna dengan MSMA di pada tes di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu. Pembahasan akan berlanjut pada seri pertama MotoGP 2012 di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, 8 April nanti. Jika tak tercapai kesepakatan, Mei dijadikan sebagai deadline. 

Berikut 6 proposal Dorna:
1. Satu Motor Satu Pembalap
Satu pembalap satu motor sudah diterapkan di Moto2, Moto3, British Superbike, dan World Superbike. Tak akan ada flag-to-flag race akibat perubahan cuaca saat lomba. Ini membuat kita akan melihat tim mana yang tercepat mengganti ban dan rem karbon ke baja. Andai terjadi tabrakan, para mekanik wajib bergerak cepat agar pembalap mereka bisa kembali ke lintasan. 

2. Lima Mesin per Musim
Dikombinasikan dengan 1 motor dan cadangannya yang tetap ada di truk pengangkut, 5 mesin dianggap cukup untuk 1 musim dan bisa membantu penghematan pengeluaran. 

3. Batasan Harga Sewa ke Tim Satelit
Ini masih tergantung kesanggupan Yamaha, Honda, dan Ducati menyediakan motor untuk disewakan ke tim satelit masing-masing senilai 1-1,2 juta euro. Ini bisa membuat motor CRT tak begitu menarik lagi buat tim-tim yang baru ingin bergabung di MotoGP. 

4. Mengurangi 1 Mekanik
Mengurangi 1 mekanik untuk 1 motor. Ini bisa menghemat beban gaji, perjalangan, dan akomodasi yang harus dikeluarkan tim. 

5. Pengurangan Putaran Mesin
Proposal yang diajukan menyebut pembatasan putaran mesin antara 14.500 sampai 15.000 rpm. Ini bisa membuat 6. Spesifikasi Standard ECU. Ide ini ditengarai akan mendapat penolakan keras dari MSMA. Semua tim iri terhadap software dan elektronik yang dimiliki MSMA.

No comments:

Post a Comment