Saturday, February 11, 2012

Yamaha Cuma Butuh 2% Pengembangan


Lorenzo mengebut secara overall ia puas terhadap kinerja M1 1000cc pada tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, pekan lalu. Pentolan Yamaha Factory Racing (YFR) ini bahkan menekankan 2% pengembangan lagi cukup menjadikan motor 2012 Yamaha itu kompetitif dan berpeluang juara.

"Motor baru ini punya potensi besar dan kami makin mendekati para rival. Tapi, jika kita bisa mengembangkannya lagi, bahkan hanya dengan 2% peningkatan, kami pasti sangat kompetitif tahun ini," kata Lorenzo kepada MotoGP.com, Kamis (9/2).

"Saat ini kami masih mengembangkan motor karena banyak hal berubah. Kapasitas silinder bertambah 200cc, tenaganya makin besar, dan bobotnya tambah berat. Para pembalap harus mengerem keras, tapi membuka gas dengan lembut. Kami dituntut lebih kuat untuk menegakkan motor selepas tikungan," tambahnya.

Dengan hanya butuh 2% pengembangan lagi, Lorenzo yakin M1 bakal kompetitif sebelum diterjunkan di GP Qatar, 8 April mendatang. Ini target yang wajib dicapai YFR.

Pasalnya, Lorenzo menyatakan Honda bukan satu-satunya rival Yamaha di 2012. Ducati dinilainya juga punya potensi memenangi balapan meski untuk juara mungkin masih sulit.

"Tahun ini, rivalitas ketiga pabrikan (Honda, Yamaha, dan Ducati) akan sedikit lebih merata. Ketiganya punya peluang memenangi balapan. Tahun lalu, Ducati tak mungkin melakukan ini. Namun, tahun ini, Ducati punya peluang menang. Hanya, saya tak tahu apakah mereka bisa juara. Yang pasti saya melihat mereka makin kuat, kompetitif, dan cepat. Valentino Rossi berhak membidik kemenangan race musim ini," tuntasnya.

No comments:

Post a Comment