Thursday, February 9, 2012

Mengapa Aturan Bobot Motor MotoGP Terlambat Diumumkan?


Seperti yang mGPm beritkan kemarin, Casey Stoner protes atas keputusan Grand Prix Commision (GPC) menaikkan bobot motor menjadi 157kg (sebelumnya 153). Menurut Casey, perubahan regulasi yang baru diumumkan di akhir tahun sangat terlambat.
Carmelo Ezpeleta2 300x194 Mengapa Aturan Bobot Motor MotoGP Terlambat Diumumkan?
Setelah pertemuan Komisi Grand Prix pada akhir musim di Valencia tanggal 5 November 2011 diumumkan bahwa bobot minimum baru motor 1000cc adalah 153kg (tiga kg lebih berat dari 800cc yang digunakan sebelumnya).
Namun, angka ini kemudian meningkat menjadi 157kg setelah pertemuan Komisi Grand Prix berikutnya pada tanggal 14.
Saat berlangsungnya test Sepang, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan mengapa kenaikan 4kg tambahan menjadi sangat ‘terlambat’ diumumkan.
Ini tampaknya telah disebabkan oleh ‘kesalahpahaman’ dalam Komisi Grand Prix, komisi yang berhak memutuskan mengenai perubahan regulasi MotoGP.
Komisi ini terdiri dari Dorna (hak komersial dan organisasi event), FIM (badan), IRTA (tim) dan MSMA (produsen), tetapi struktur suara tergantung pada jenis proposal yang sedang dibahas.
“Ada proposal yang dibuat oleh Dorna dan IRTA, untuk pertemuan Komisi Grand Prix di Valencia, untuk menaikkan berat minimum menjadi 160kg,” kata Ezpeleta.
“Karena sulit dan mahal bagi motor CRT untuk mengurangi bobot mereka. Jadi jika semua orang mampu menjalankan berat minimum yang sama itu akan membantu CRT.”
“Kami mengusulkan kenaikan bobot, tapi MSMA mengatakan bahwa keputusan bulat dari MSMA adalah melawannya. Jika keputusan MSMA adalah bulat (Komisi Grand Prix) tidak dapat menyetujui aturan, karena itu aturan teknis.”
“Kemudian pada menit-menit terakhir, (ternyata) itu bukan suara bulat, itu (suara) mayoritas. Jika oposisi dari MSMA tidak bulat kami tidak memiliki kewajiban untuk mengikutinya.”
“Lalu pada pertemuan Komisi Grand Prix pada bulan Desember kita berkata ‘Maafkan saya, sebelumnya kami memiliki kesalahpahaman tentang apakah keputusan MSMA sudah bulat. Saya menganggap jika tidak dengan suara bulat kami memiliki hak untuk memaksakan (aturan) itu’.”
“Akhirnya bukan 160kg (seperti yang) kita minta, (tetapi) 157kg (untuk 2012) dan ini telah disetujui oleh mayoritas Komisi Grand Prix.”
Berat minimum MotoGP kemudian akan meningkat menjadi 160kg untuk 2013. Pertanyaannya kemudian: siapa anggota MSMA yang tidak kompak menentang perubahan bobot itu? Saat ini MSMA hanya terdiri dari tiga produsen: Honda, Yamaha dan Ducati.

No comments:

Post a Comment