Thursday, February 9, 2012

Jorge Lorenzo Baru Bikin SIM


Siapa sangka kalau Jorge Lorenzo ternyata belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor. Bahkan, untuk mendapatkan SIM tersebut ia masih harus 'belajar naik motor' di negeri asalnya.

Dalam situs resmi MotoGP diungkapkan bahwa 'rahasia' Lorenzo itu membuat heboh jejaring sosial. Saat ini, Lorenzo baru lulus di ujian teori untuk mendapatkan SIM motor beberapa minggu lalu, tapi untuk ujian praktik belum dia lakukan.

Sebab, untuk menghadapi ujian praktik ini, Lorenzo harus lebih dahulu belajar mengendarai motor yang baik dan benar di jalanan umum. Mungkin dia seorang pebalap yang kencang dilintasan, tapi di jalanan umum, Lorenzo ternyata baru belajar.

Agar bisa lulus ujian praktek SIM tersebut, Lorenzo mengikuti kursus dan melakukan latihan naik motor di kawasan Gunung Montjuic di Barcelona.

"Saya mendapat lisensi mobil saya pada (umur) 18 dan sejauh ini saya belum merasa perlu untuk mendapatkan lisensi motor saya, karena tidak diperlukan untuk dapat bersaing. Tapi sekarang saya membutuhkannya agar saya bisa naik motor di jalan dan berjalan-jalan di kota dan saya akan mendapatkannya," kata juara dunia MotoGP 2010 itu.

Untuk melatih dirinya naik motor, Lorenzo mempergunakan Yamaha YBR 250 dan berusaha untuk melakukan beberapa manuver. Menggunakan helm khasnya dan pelindung lutut serta jaket, Lorenzo meliuk-liuk di jalanan.

"Guru saya Javi adalah satu-satunya orang di dunia yang menyuruh saya berkendara lebih lambat ketika naik motor, dan saya harus memperhatikannya jika saya ingin lulus ujian. Jika Anda jalan cepat, Anda tidak lulus," ujar pria Spanyol ini.

"Saya harus memperlambat diri. Saya tidak pernah membawa pelan motor saya. Setiap kali naik motor saya selalu saja pergi secepat mungkin. Tetapi sekali Anda mengubah pemikiran Anda maka berjalan cepat di trek dan berjalan normal di jalan adalah hal yang mudah," tuntasnya.

No comments:

Post a Comment