Thursday, February 9, 2012

Ini Alasan Kenapa Berat Motor Naik 4 Kg

Motor 1000 cc Honda untuk MotoGP musim 2012 harus memiliki berat minimal 157 kg/Getty Images  
Naiknya berat motor di kelas MotoGP dari 153 kg menjadi 157 kg yang telah dikecam oleh pembalap Repsol Honda Casey Stoner membuat Direktur Dorna Carmelo Ezpeleta memberikan alasan kenapa keputusan ini diambil.

Pada 5 November 2011 lalu dalam seri terakhir MotoGP di Valencia, diputuskan bahwa berat minimal untuk motor 1.000 cc musim 2012 ini adalah 153 kg atau lebih berat 3 kg dari motor 800 cc.

Namun, keputusan tersebut berubah lagi dalam pertemuan pada 14 Desember dengan menaikkan kembali berat motor menjadi 157 kg. Honda tampaknya menjadi tim yang paling terkejut dengan penambahan 4 kg ini dan hal tersebut diungkapkan langsung oleh Stoner.

Ezpeleta lantas membeberkan latar belakang penambahan berat ini. Menurut Ezpeleta telah terjadi miskomunikasi dalam Komisi Grand Prix, pihak yang berwenang merubah peraturan MotoGP. Komisi ini terdiri dari Dorna (pemegang komersial MotoGP), FIM (organisasi otomotif), IRTA (perwakilan tim), MSMA (manufaktur pabrikan).

“Ada proposal dari Dorna dan IRTA dalam pertemuan Komisi di MotoGP Valencia untuk menaikkan berat minimum menjadi 160 kg karena sulit dan mahal bagi pembalap CRT untuk mengurangi berat motor mereka,” kata Ezpeleta seperti dikutip dari Crash, Selasa (7/2/2012).

“Kami pun menyodorkan perubahan berat tetapi MSMA telah menolak proposal itu lewat keputusan yang bulat. Jika keputusan MSMA bulat maka Komisi Grand Prix tak bisa menyetujui proposal tersebut karena ini kan keputusan yang teknis,” jelas Ezpeleta.

“Kemudian, diketahui ternyata keputusan itu tidak bulat melainkan mayoritas. Jika penolakan dari MSMA tidak bulat maka tak ada halangan bagi kami untuk meloloskan keputusan tersebut,” ujar Ezpeleta.

“Lalu saat pertemuan Komisi Grand Prix pada Desember kami berkata ‘Saya minta maaf pada waktu itu ada salah pengertian soal penolakan MSMA apakah bulat atau tidak. Saya anggap jika bukan suara bulat maka kami memiliki hak untuk melaksanakannya,” tegas Ezpeleta.

“Akhirnya bukan 160 kg, kami memutuskan 157 kg untuk 2012 dan ini disetujui oleh sebagian besar Komisi Grand Prix,” pungkas Ezpeleta.

Sementara itu, berat minimal motor MotoGP kembali akan naik menjadi 160 kg pada musim 2013 mendatang.

No comments:

Post a Comment