Tuesday, February 21, 2012

Ganti Gaya Balap, Target Dovi di Tes Resmi MotoGP Kedua


Waktu pertama kali Andrea Dovizioso mengendarai motor Yamaha M1 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia tahun 2011 lalu, ia merasa tidak akan sulit beradaptasi dengan karakter motor tersebut. Namun ternyata hingga sekarang (terlepas dari cedera yang dialaminya), Dovi masih belum bisa menguasai motor tersebut dari beberapa aspek, termasuk gaya balap untuk Yamaha M1.

Tidak akan berbeda dengan komitmennya usai sesi tes resmi pertama akhir bulan lalu, di sesi tes kedua nanti pembalap asal Italia itu masih akan fokus pada adaptasi gaya balap untuk menaklukkan Yamaha M1. Menurutnya ada beberapa aspek yang harus dikembangkan Dovi, sehingga ia bisa lebih cepat.

“Ada perbedaan besar antara Honda dengan Yamaha, dalam arti karakter kedua motor sangat berbeda. Saya harus memperbaiki sisi pengereman, saat memasuki dan di pertengahan tikungan. Ini tidak mudah dan banyak yang harus saya sesuaikan, karena 4 tahun saya menggunakan motor Honda dan hanya ada satu cara mengendarai motor tersebut,” beber Dovi.

“Saat menggunakan motor Honda, anda harus memotong jalur balap, lalu menegakkan posisi motor usai menikung secepat mungkin. Beginilah cara mengendarai motor Honda agar bisa lebih cepat, tapi di Yamaha itu tidak berlaku. Di Yamaha, anda bisa melakukan pengereman lebih dekat ke tikungan, dan bisa meninggikan kecepatan di tikungan,” imbuh Dovi.

Selain itu hal lain yang ingin dipelajari Dovi adalah bagaimana sistem kontrol traksi bekerja di Yamaha M1. Semoga ada perkembangan yang lebih baik, sehingga lebih banyak pembalap yang bisa berebut podium.

No comments:

Post a Comment