Friday, February 3, 2012

Dovizioso Kalibrasi Gaya Balap di Yamaha


Secara filosofi motor beberapa tahun terakhir, Honda di MotoGP memiliki kekuatan pada akselerasi. Sementara Yamaha lebih ekspert pada urusan handling dan lebih stabil. Tentu ada perubahan besar jika pembalap yang terbiasa menggunakan motor dengan akselerasi bagus, saat berpindah menggunakan motor dengan handling yang sempurna.

Hal ini dirasakan langsung oleh Andrea Dovizioso saat mencoba paket motor Yamaha YZR-M1 sejak sesi tes akhir musim 2011, hingga di sesi tes pra musim 2012 yang berlangsung sejak Selasa (31/1). Dovi merasa bahwa ia harus mengkalibrasi ulang gaya balapnya agar sesuai dengan tuntutan motor yang memiliki handling bagus.

“Saat kami datang di Valencia tahun lalu, problem yang ada memang agak unik. Saya sudah memprediksi akan ada penyesuaian gaya balap, karena antara Honda dengan Yamaha sangat berseberangan. Dari sisi filosofi akan selalu begitu, Honda akan selalu menjaga akselerasi terbaik pada motor, sementara Yamaha selalu membuat motor yang memiliki handling terbaik. Makanya saya harus mengganti segalanya,” papar Dovizioso.

“Hal yang paling berperan dalam penyesuaian gaya balap adalah sistem elektronik. Kami harus mencari jalan tengah antara gaya balap yang saya miliki saat ini dengan setting dasar motor Yamaha. Sejauh ini saya mencoba beberapa cara untuk mengendarai motor tersebut untuk mempercapat adaptasi, namun tidak berhasil. Kendati sekarang ada perubahan, tapi tingkat kompetisi cukup tinggi dan butuh perlakuan lebih,” pungkasnya.

Hal lain yang hingga saat ini mempersulit proses adaptasi yang dilakukan Dovi adalah karena cedera yang dialami Dovi belum pulih 100 persen. Semoga ada hasil yang lebih baik pada hasil sesi tes kedua nanti di akhir bulan Februari hingga awal Maret nanti.

No comments:

Post a Comment