Thursday, February 9, 2012

Bridgestone Bakal Untungkan Ducati dan Yamaha



Problem ban yang terjadi tahun lalu hingga dituding sebagai biang banyaknya insiden pembalap yang terjatuh, memang langsung jadi sorotan utama Loris Capirossi yang tahun ini mengambil peran sebagai kru teknis untuk safety pembalap di MotoGP. Bahkan Carlo Pernat (mantan manager Loris Capirossi) menganggap peran ban Bridgestone tahun ini akan menentukan kompetisi di MotoGP.

Pernat melihat ada beberapa tim yang diuntungkan dengan spesifikasi ban seperti ini berdasarkan hasi tes pra musim MotoGP yang pertama pekan lalu. Diantaranya Ducati dan Yamaha. “Ban Bridgestone spesifikasi tahun 2012, memang menawarkan performa lebih baik. Namun itu bekerja lebih baik pada Ducati dan juga Yamaha. Tapi khusus untuk Honda, ban Bridgestone justru membuat motor jadi bergetar. Saya rasa ini adalah peringatan tersendiri bagi Honda,” buka Pernat.

Penuturan Pernat, mungkin cukup masuk akal jika memasukkan Ducati sebagai tim yang berhasil beradaptasi dengan baik menggunakan ban Bridgestone tipe 2012. Sebab Ducati sendiri sudah menegaskan bahwa mulai musim ini, mereka akan membangun motor berdasarkan karakter ban. Sementara Yamaha sendiri masih fokus pada handling motor.

Meski Honda belum mengklaim getaran itu berasal dari karakter ban Bridgestone yang belum klop dengan motor Honda, toh Casey Stoner masih mampu membuktikan bahwa pencapaian lap tercepatnya belum tersaingi. “Ini sangat menarik, Stoner tahu persis apa yang harus dilakukannya. Jika pun ada getaran, itu karena ia terlalu memaksakan performa motornya,” pungkas Pernat.

No comments:

Post a Comment