Friday, January 20, 2012

MotoGP Maksimal 18 Seri Semusim


Adanya rencana tambahan 2 sirkuit dalam daftar penyelenggaraan MotoGP di luar Eropa, ditambah 1 di Texas, Amerika yang sudah fiks diselenggarakan tahun 2013 mendatang, akan membuat jumlah seri di MotoGP membengkak. Tapi Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna Sports (promotor MotoGP) menegaskan jumlah seri tidak akan lebih dari 18 seri.

Nah, tambahan 3 seri, berarti akan membuat ada 3 seri lagi yang dikorbankan untuk beberapa tahun mendatang. Ezpeleta sudah memberikan bayangan bahwa ada 3 sirkuit yang terancam tidak menggelar MotoGP lagi. Diantaranya adalah Sirkuit Estoril di Portugal, Sirkuit Jerez dan Catalunya di Spanyol. Apalagi kondisi perekonomian di kedua negara tersebut sedang krisis.

“Kemungkinan kami akan mengurangi seri yang menggelar balap MotoGP di dataran Iberian Peninsula, yaitu Spanyol dan Portugal dengan jumlah 3 seri. Mungkin tidak akan 3 seri itu langsung, tapi dikondisikan jumlah seri sirkuit baru yang akan menggelar MotoGP. Alasan kedua adalah kondisi perekonomian di Spanyol dan Portugal juga sedang sulit,” ujar Ezpeleta.

Kondisi kesulitan sisi perekonomian di dua negara ini, berarti mengancam 5 seri MotoGP yang digelar di dua negara tersebut. Yaitu Estoril, Jerez, Catalunya, Ricardo Tormo dan Motorland Aragon. Namun Dorna akan mempertahankan 2 seri diantaranya yang digelar di Spanyol.

No comments:

Post a Comment