Wednesday, January 25, 2012

Lorenzo : Motor Kompetitif Karena Mekanik!


Harapan Jorge Lorenzo untuk mempertahankan titel juara dunia di musim kompetisi balap tahun 2011 lalu, memang langsung dipatahkan Casey Stoner yang tampil sangat sempurna. Meski Lorenzo cukup konsisten mempertahankan posisinya saat balapan, namun kurang kompetitifnya motor Yamaha M1 tahun lalu, membuatnya hanya bisa mengamankan posisi finish kedua.

Banyak orang yang mengatakan bahwa performa Yamaha perlahan menurun karena Valentino Rossi yang diklaim membuat Yamaha kompetitif pada tahun 2004 lalu, sudah pindah ke Ducati. Pasalnya sejak bergabung dengan Yamaha tahun 2004 ia langsung meraih kemenangan, sementara Honda yang ditinggalkannya seketika itu juga melempem.

Namun Lorenzo menepis bahwa perubahan performa motor tergantung dari siapa pembalapnya. “Jika tahun 2012 Yamaha tampil begitu kompetitif, tentu bukan karena saya. Tapi karena peran kru mekanik yang bekerja sepanjang hari di depan komputer mendesain rangka dan mesin motor. Saya tidak punya ide tentang teknis motor dan balapan. Saya hanya bisa menjelaskan karakter motor di lintasan pada setting yang berbeda,” jelas Lorenzo.

“Tapi peran pembalap juga sangat penting, seperti pentingnya peran motor yang kompetitif. Stoner menang dari 4 pembalap yang menggunakan motor berspesifikasi pabrikan. Sementara tahun 2010 saya berhasil memenangi balapan menggunakan motor Yamaha. Jadi kalau bicara tentang titel juara dunia, pembalap juga berperan penting,” imbuh Lorenzo.

Jadi menurut Lorenzo, motor kompetitif bukan ciptaan pembalap. Melainkan hasil ramuan dari tim mekanik.

No comments:

Post a Comment