Wednesday, January 25, 2012

Dovizioso : Latihan Motocross Itu Menggairahkan!


Banyak pembalap papan atas mulai dari MotoGP hingga ajang balap World Superbike Championship (WSBK) selalu menjadikan ajang motocross sebagai tempat pelarian dalam waktu senggang seperti libur musim dingin. Bahkan dalma kondisi pemulihan kondisi dan bersiap turun ke sirkuit pun motocross bagian dari proses pemulihan untuk mengetahui vitalitas seorang pembalap.

Tapi mengapa harus pakai tipe motocross? Bukankah motocross memiliki karakter yang sangat berbeda dengan balap motor di aspal? Andrea Dovizioso akhirnya memberikan jawaban secara umum mengapa para pembalap di MotoGP cenderung melakukan latihan melakukan di lintasan tanah.

“Karakter motocross sangat berbeda dengan karakter motor di MotoGP. Tapi hanya ini ajang yang memungkinkan kami latihan menggunakan motor dalam kondisi musim dingin. Alasan yang paling utama adalah selain untuk melakukan sesi latihan, ajang motocross juga salah satu yang paling menggairahkan bagi saya. Makanya saya dan teman-teman kadang-kadang tidak hanya latihan 1 lap hingga 2 lap saja,” jelas Dovi.

Meski sangat menggairahkan seperti yang diungkapkan Dovi, ajang motocross juga menyembunyikan resiko besar. Seperti yang dialami Dovi di Italia saat melakukan sesi latihan menggunakan motocross. Ia terjatuh dan mengalami cedera pada beberapa tulangnya. Namun ia menganggap bahwa terjatuh itu wajar bagi seorang pembalap.

“Setelah terjatuh, saya merasa sangat kesakitan. Beruntung saya tidak mengalami cedera selama beberapa tahun, sehingga proses pemulihan cedera bisa berlangsung dengan cepat. Tapi ini normal, jika anda ingin jadi seorang pembalap. Semoga kesempatan turun di sesi tes pra musim pertama di Malaysia, cukup besar. Mengingat 23 hari setelah operasi adalah waktu yang sempit,” tutup Dovi.

Yah, semoga Dovi bisa berpartisipasi di sesi tes pra musim yang pertama, agar ia bisa mengetahui perkembangan performa motornya sampai dimana. Apalagi tahun 2012 adalah pertama kali ia akan menunggangi motor berkapasitas 1000 cc.

No comments:

Post a Comment