Friday, December 30, 2011

Yang Ter.. Pada MotoGP 2011

Tahun 2011 tak lama lagi akan berlalu. Sebelum mengawali tahun baru dan menjelang musim kompetisi 2012, ada baiknya kita mengingat kembali beberapa hal yang ter.. pada musim 2011. Sekedar catatan, “ter” disini tak selalu berarti “paling”.

Rider Terdominan
Sudah tentu predikat ini hanya layak diberikan kepada Casey Stoner. Rider Australia itu mengawali musim pertamanya dengan tim Repsol Honda dengan prestasi gemilang. Hanya sekali DNF saat MotoGP Spanyol (Jerez), sisanya ia selalu naik podium, sepuluh diantaranya adalah juara seri. Kemenangannya ini tentu lebih banyak dibandingkan dengan gabungan kemenangan yang diraih tiga pembalap lainnya, Jorge Lorenzo (3), Dani Pedrosa (3) dan Ben Spies (1).
Stoner Lorenzo1 300x199 Yang Ter.. Pada MotoGP 2011Rider Terpuruk
Finish di peringkat ketujuh pada kelasemen akhir sesungguhnya bukanlah sesuatu yang buruk. Tetapi akan beda halnya jika itu dialami oleh seorang Valentino Rossi. Dalam 15 tahun karir Grand Prix sebelumnya, ia hanya sekali mengakhiri musim diluar 3 besar yakni saat debutnya di kelas 125cc (posisi ke-9 kelasemen akhir). Namun saat itu setidaknya Rossi masih mampu mencetak satu kemenangan. Sedangkan di musim 2011 ini prestasi terbaiknya adalah sekali podium ketiga (Le Mans). PR besar buat Rossi dan Ducati di musim 2012 mendatang.
Kecelakaan Terkontroversial
Sepanjang musim 2011 setiap seri selalu terjadi kecelakaan. Satu yang paling kontroversial pastinya kecelakaan pada MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans yang melibatkan Marco Simoncelli dan Dani Pedrosa.
Pihak Marco protes atas hukuman ride trough yang dianggap terlalu berlebihan karena merasa tidak memblok jalur Dani seperti yang dituduhkan. Sementara pihak Pedrosa malah menilai hukuman itu terlalu ringan dibanding kesalahan yang telah dilakukan Super Sic.
Kecelakaan Tertragis
Awalnya hanya kecelakaan tunggal. Tetapi karena badan dan motor Simoncelli terseret ke tengah lintasan, tragedi itupun tak terelakkan. Colin Edwards dan Valentino Rossi yang melaju kencang di belakangnya tak kuasa untuk menghindar. Super Sic akhirnya menghembuskan nafasnya yang terakhir di Sepang, Malaysia.
Grid Tersepi
Secara reguler, grid MotoGP sudah sangat sepi dengan hanya menghadirkan 17 pembalap. Hal ini menjadi semakin parah saat MotoGP Australia yang berlangsung di sirkuit Phillip Island. Damian Cudlin, rider pengganti Hector Barbera di tim Pramac Racing yang mengalami kecelakaan pada sesi latihan memutuskan tidak ikut balap. Ben Spies yang sempat mencoba untuk tampil akhirnya memutuskan out karena mengalami gegar otak pasca kecelakaan pada sesi kualifikasi. Sedangkan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo juga terpaksa melewatkan balapan karena mengalami cedera jari serius usai mengalami crash pada sesi warm up. Jadilah starting grid Phillip Island hanya terisi 14 pembalap.
Crutchlow vs Abraham 300x200 Yang Ter.. Pada MotoGP 2011Perebutan Gelar Rookie Terbaik
Hanya ada dua pendatang baru (rookie) di kelas MotoGP pada musim 2011. Cal Crutchlow dari tim Monster Yamaha Tech 3 dan rider tunggal tim Cardion AB Motoracing, Karel Abraham. Meski begitu, perebutan gelar sebagai the best rookie atau rookie of the year terjadi hingga seri terakhir yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.
Keduanya terlibat duel seru sejak lap-lap awal hingga akhirnya Abraham menyenggal bagian belakang motor Crutchlow. Cal mampu terus melaju sementara Karel terjatuh. Meski kemudian mampu melanjutkan balapan, sudah tidak cukup waktu bagi Abraham untuk mengejar Crutchlow. Rider asal Ceko itupun harus merelakan predikat rookie terbaik MotoGP 2011 jatuh ke tangan Cal Crutchlow.
Finish Terdekat
Ben Spies nyaris memenangkan seri terakhir MotoGP 2011 di Valencia. Sayang kemenangan kedua yang sudah di depan mata itu berhasil digagalkan oleh Casey Stoner. Power mesin M1 yang dikendalikan Ben tak kuasa menandingi kekuatan RC212V di bawah kendali Casey. Keduanya akhirnya finish dengan selisih hanya 0,015 detik. Jarak finish antara juara seri dan runner-up terdekat yang pernah dicetak pada era 800cc.
Capirossi Valencia 2011 300x266 Yang Ter.. Pada MotoGP 2011Musim Terakhir
Tahun 2011 menjadi musim terakhir Loris Capirossi berlaga di ajang Grand Prix. Pembalap Italia itu memutuskan pensiun di akhir musim ini meski mengaku masih mendapat tawaran dari beberapa tim MotoGP dan juga dari World Superbike. Loris sudah ikut Grand Prix sejak tahun 1990. Sepanjang karirnya itu ia telah mengoleksi 3 gelar juara dunia. Dua di kelas 125cc dan satu di kelas 250cc. Sebagai tambahan, Loris hanya dua musim turun di kelas 125cc dan keduanya berakhir sebagai juara dunia.
Pabrikan Tereleminiasi
Keraguan sudah membayangi Suzuki sejak awal musim 2011. Indikasi mereka tidak akan bertahan lama di MotoGP sudah terlihat dengan hanya menurunkan satu rider, Alvaro Bautista. Krisis ekonomi yang belum pulih serta diperparah oleh bencana alam yang menimpa negeri Jepang membuat Suzuki harus mengambil keputusan pahit: keluar dari MotoGP. Suzuki menyusul Kawasaki yang juga sudah mundur sejak tahun 2008. Bedanya, pabrikan berlogo “S” itu masih memberi harapan untuk kembali pada tahun 2014.

No comments:

Post a Comment