Saturday, December 17, 2011

Regulasi MotoGP Kembali Direvisi


Menyambut datangnya era baru MotoGP pada musim 2012 mendatang, komisi Grand Prix kembali menurunkan revisi regulasi terbaru. Keputusan ini diambil berdasarkan pertemuan Grand Prix Commision pada 14 Desember 2011 di Madrid. FIM logo1 300x147 Regulasi MotoGP Kembali DirevisiBerikut adalah detail dari revisi terbaru regulasi MotoGP tersebut:

Sporting Regulations
Revisi regulasi testing telah disetujui. Ini memasukkan berbagai keputusan yang dibuat sebelumnya pada tahun 2011 mengenai masalah ini. Selain itu diputuskan bahwa pembalap yang dikontrak (contracted riders) di kelas MotoGP juga dapat menguji mesin menggunakan alokasi 240 ban yang tersedia untuk tim masing-masing produsen. Sebelumnya pengujian tersebut dibatasi untuk test riders saja. Dalam kepentingan persaingan yang sehat juga disepakati bahwa pembalap kelas MotoGP lainnya secara eksklusif dapat menguji mesin tim mereka dengan batas 120 ban per pembalap.
Disepakati bahwa pembalap yang tidak memenuhi syarat untuk race berdasarkan waktu mereka dalam kualifikasi (qualifying practice) dapat memenuhi syarat jika mereka mencapai waktu setidaknya sama dengan 107% dari pembalap tercepat dalam sesi warm up. Ini adalah tambahan dari peraturan sebelumnya yang hanya mempertimbangkan sesi latihan bebas (free practice).
Peraturan tentang pembalap kelas MotoGP mulai balapan dari pit lane karena sanksi daya tahan mesin, disepakati bahwa di masa depan mereka akan start sepuluh detik setelah lampu hijau ditampilkan di pintu keluar pit lane.
Pembalap di semua kelas sekarang dapat menggunakan starter engine di grid. Untuk semua kelas penghangat ban (tyre warmers) sekarang dimungkinkan tetap di tempat hingga ditampilkannya one minute board. Generator harus sudah dilepas saat three minute board.
Technical Regulations
Dengan efek dari tahun 2012, untuk semua kelas, maka akan wajib untuk menampilkan lampu belakang merah dalam kondisi hujan.
Batas berat minimum untuk mesin 1000cc di kelas MotoGP akan meningkat dari 153 kg saat ini.
Efektif 2012 157 kilo
Efektif 2013 160 kilo
Ukuran roda yang diizinkan untuk kelas Moto3 dikonfirmasi sebagai berikut:
Depan hanya 2,50 “x 17″
Belakang hanya 3.50 “x 17″
Rincian perubahan beberapa peraturan, yang disampaikan oleh Direktur Teknis semua disetujui.
Sebuah daftar entri kelas MotoGP untuk 2012 sudah dipertimbangkan oleh Komisi. Daftar itu berisi sembilan entri ditambah satu entri cadangan menggunakan mesin CRT dari berbagai jenis. Partisipasi dari semua entri CRT disetujui oleh Komisi pada pemahaman bahwa pemberian Status CRT ditinjau oleh Komisi Grand Prix setiap saat.
Disciplinary and Arbitration Code
Wewenang dan kompetensi Race Direction untuk memberikan hukuman diperpanjang untuk menutupi kegagalan oleh pihak manapun untuk memastikan event berjalan efisien atau untuk pelanggaran regulasi yang serius.

No comments:

Post a Comment