Saturday, December 24, 2011

Poncharal: Tech 3 Adalah Tim Pengumpan

Pimpinan tim Yamaha Tech 3 Herve Poncharal dulu sempat menyampaikan keinginannya untuk mengontrak Colin Edwards hingga ia memutuskan pensiun dari MotoGP. Namun kenyataannya, tahun 2011 ini Herve harus rela melepas rider kesayangannya meski ia mengaku keputusan itu sangat sulit baginya.
Herve Poncharal Colin Edwards 300x175 Poncharal: Tech 3 Adalah Tim Pengumpan“Keputusan yang sangat sulit untuk tidak menawarkan kontrak baru untuk Colin. Di bagian belakang Misano pada 2010 Colin meminta agar ia memiliki satu tahun lagi dan semua orang di Yamaha setuju. Setelah musim 2011 dimulai kita pikir itu akan menjadi yang terakhir dan kemudian seiring berjalannya musim, dibantu oleh hasil yang baik yang ia memiliki, hal itu memberinya keinginan untuk tinggal lebih lama. Dia mengatakan ini kepada saya dan kami berpikir dan berbicara dan, bagi saya, itu tidak keluar dari pertanyaan kita untuk ia tetap tinggal. Tapi tim saya lebih seperti sebuah tim pengumpan untuk Yamaha dan skenario yang sempurna itu seperti apa yang terjadi dengan Ben (Spies), yang merupakan pembalap muda yang dapat menunjukkan potensi sebelum pindah ke tim pabrik,” ungkap Poncharal kepada MCN.
Edwards mencetak empat podium dan satu pole position selama karirnya dengan tim Tech 3, podium terakhir diraih secara fantastis pada Grand Prix Inggris di sirkuit Silverstone yang berlangsung di bawah guyuran hujan. Saat itu Texas Tornado menjadi satu-satunya rider Yamaha yang berhasil finish.
Dengan adanya strategi Yamaha untuk berinvestasi dengan mencari bakat muda untuk masa depan, rider 37 tahun itu akhirnya harus rela meninggalkan tim Tech 3 setelah kebersamaan yang telah dijalaninya selama empat tahun berturut-turut. Edwards kemudian memutuskan bergabung dengan tim CRT Forward Racing dimana ia akan naik Suter-BMW 1000cc.
“Colin tahu tidak akan mudah untuk tetap tinggal (di Yamaha) dan saya pikir dia adalah orang yang menyukai tantangan dan dia suka balap dan mengembangkan motor dan baginya proyek CRT dengan Forward Racing adalah sebuah petualangan baru. Baginya tantangan ini sangat menarik dan dia tahu itu adalah masa depan MotoGP. Tapi untuk Tech 3 itu memalukan. Kami tahu cerita ini satu hari akan datang dan berakhir tapi ia telah menjadi pembalap terbaik yang kita pernah miliki di kelas MotoGP. Bukan hanya dari segi hasil tapi suasana yang ia bawa ke garasi sangat luar biasa dan ia telah menjadi pemain tim yang benar-benar baik. Seluruh tim mencintainya dan sangat fantastis bagi kami. Untuk tetap mengaktifkan halaman Colin Edwards dalam sejarah kita sangat sulit, tapi saya senang dia masih akan berada di paddock,” Herve menambahkan.

No comments:

Post a Comment