Thursday, December 22, 2011

Kualifikasi 107 Persen Berlaku di MotoGP



Banyak orang yang mengkhawatirkan aplikasi motor CRT (Claiming Rule Team) mulai tahun 2012 mendatang, akan membuat perbedaan yang jomplang di lintasan. Dimana akan banyak motor CRT berjalan lamban di sirkuit. Dikhawatirkan itu akan mengganggu lalu lintas pembalap yang sedang bertarung di urutan depan.

Untuk mengakali hal tersebut, salah satu solusi yang ditempuh adalah membuat batasan minimum untuk motor-motor CRT, dengan memberlakukan kualifikasi 107 persen. Aturan ini sama dengan yang diterapkan di Formula 1. Dimana mobil yang tidak bisa mencetak lap tercepat 107 persen dari pembalap tercepat, maka dinyatakan tidak bisa ikut balapan. Kecuali mendapat izin dari direktur balapan.

Contohnya seperti saat Sebastian Vettel mencetak lap tercepat di F1 Australia 2011 lalu dengan 1 menit 23.529 detik. Maka batas bawah lap tercepat yang harus dicetak oleh pembalap lainnya adalah 1 menit 30 detik. Jika batas 107 detik tidak terpenuhi maka pembalap tidak bisa ikut balapan.

Tapi di MotoGP, pemberlakuan waktu tercepat 107 persen masih diberikan tenggang waktu hingga sesi warm up. Jadi motor CRT yang tidak bisa mencapai waktu tersebut, masih punya kesempatan memperbaiki performanya di warm up.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi tim CRT untuk tidak memperbaiki performa lap tercepatnya di sesi kualifikasi dan warm up.

No comments:

Post a Comment