Saturday, December 10, 2011

Komparasi Performa WSBK dan MotoGP


Jika dikomparasikan secara langsung perbedaan lap tercepat di sesi kualifikasi motor WSBK dengan motor prototipe di MotoGP pada beberapa sirkuit, perbedaannya tidak terlampau jauh. Sebagai perbandingan kami mengambil contoh tiga sirkuit (Phillip Island di Australia, TT Assen di Belanda dan Brno di Ceko), selisih waktu terdekat antara motor prototipe dengan motor superbike hanya setengah detik.



Gap yang terlihat pada tabel di atas cukup bervariasi, mulai 0,5 detik hingga hampir mendekati 2 detik. Selisih tersebut tersaji di
Sirkuit TT Assen, Belanda, yang dicetak Marco Simoncelli dengan 1 menit 34.718 detik. Sementara Carlos Checa meraih 1 menit 35.292 detik.

Di Sirkuit Phillip Island, komparasi waktu tercepat terpaut 0,9 detik. Casey Stoner mengamankan 29.975 detik dan Carlos Checa 1 menit 30.882 detik. Sedangkan Max Biaggi yang menggunakan motor Aprilia RSV4, hanya berselisih tipis dari pencapaian Checa yaitu 1 menit 30.895 detik.

Komparasi keduanya justru agak lebar di Sirkuit Brno yaitu di bawah 2 detik. Kemungkinan dikarenakan karakter Sirkuit Brno yang lebar dan mempunyai banyak jalur lurus, sehingga motor prototipe mempunyai performa jauh lebih baik di sirkuit ini.

No comments:

Post a Comment