Kesetiaan sejak bertarung di kelas 125cc dan keberhasilan mengakhiri
musim 2011 di posisi ketiga ternyata tidak membuat Honda tampak berminat
untuk mempertahankan Andrea Dovizioso pada skuad pabrikan. Rider Italia
itu pun akhirnya mengambil keputusan besar dengan meninggalkan Honda
untuk berpaling ke kubu Yamaha meski hanya dengan tim satelit. Tentu ini
bukan pilihan yang mudah baginya. Namun menurutnya itu merupakan
langkah yang sudah sangat diperhitungkan.
“Ini
adalah waktu yang tepat. Meskipun berada di urutan ketiga dalam
kejuaraan, Honda tidak menunjukkan minat pada saya seperti yang saya
harapkan, (mereka) berkonsentrasi pada Dani dan Casey. Jadi saya
memutuskan untuk melakukan investasi untuk masa depan saya,” kata
Dovizioso seperti dilansir oleh GPone.
Dovizioso sadar sepenuhnya, beralih dari Honda ke Yamaha dan hanya
tergabung dalam tim satelit Yamaha Tech 3 tidak memungkinkannya berharap
terlalu banyak di musim 2012.
“Mungkin saya tidak akan langsung menang, sebagian karena saya tidak
akan berada di tim pabrikan, seperti halnya di Honda dimana Anda butuh
berada di skuad internal HRC untuk bisa menjadi benar-benar kompetitif
dan bersaing di depan.”
Tetapi Dovi melihat peluang yang lebih besar pada tahun 2013. Di
akhir musim 2012 nanti para pembalap pabrikan saat ini seperti Casey
Stoner, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Ben Spies, Valentino Rossi dan
Nicky Hayden akan menghabiskan kontraknya besama tim masing-masing.
“Pasar pembalap akan benar-benar terbuka pada akhir 2012. Saya
benar-benar percaya pada proyek ini, tujuan saya adalah untuk memiliki
musim yang baik dan mendapatkan sebuah kursi Yamaha pabrikan untuk
2013.”
Daya saing Andrea pada M1 spec satelit tidak akan sepenuhnya bisa dipahami hingga berlangsungnya sesi test musim dingin (winter test) mendatang.
“Pergi ke Sepang akan sangat penting untuk memahami di level mana
kita berada. Ini adalah trek yang sangat saya sukai, dan dibandingkan
dengan Valencia jauh lebih baik untuk memahami tingkat perkembangan
motor.”
Meskipun dengan pemikiran ini, Dovi tidak mengharapkan pengenalan terhadap mesin 1000cc dapat mengubah situasi secara dramatis.
“Motor-motor akan memiliki chassis dan elektronik yang sama, hanya power delivery
yang berubah. Stoner, Pedrosa dan Lorenzo masih akan menjadi pembalap
terdepan. Ducati akan meningkat, tetapi tidak cukup untuk bersaing untuk
kejuaraan.”
Selain itu musim 2012 juga akan melihat pengenalan kategori baru, CRT (Claiming Rule Teams), yang dimata Dovi ternyata masih sangat membingungkan.
“Sudah jelas bahwa biaya saat ini untuk berjalan di MotoGP tidak
berkelanjutan, dan bahwa balap tidak (lagi) menyenangkan seperti dulu,
tapi konsep CRT membingungkan saya. Dorna dan produsen menuju ke arah
yang berlawanan. Tapi mereka perlu berkumpul dan menyepakati rencana
untuk masa depan. Kami pembalap tidak memiliki kekuatan dalam hal ini.
Saya memahami jika perlu ada transisi, tetapi perlu dilakukan secepat
mungkin. Bener-benar sesuatu yang buruk balapan dengan dua (jenis) motor
yang sama sekali berbeda.”
No comments:
Post a Comment