Monday, December 12, 2011

Dovizioso: Target Jadi Pembalap Pabrikan Yamaha 2013

Kesetiaan sejak bertarung di kelas 125cc dan keberhasilan mengakhiri musim 2011 di posisi ketiga ternyata tidak membuat Honda tampak berminat untuk mempertahankan Andrea Dovizioso pada skuad pabrikan. Rider Italia itu pun akhirnya mengambil keputusan besar dengan meninggalkan Honda untuk berpaling ke kubu Yamaha meski hanya dengan tim satelit. Tentu ini bukan pilihan yang mudah baginya. Namun menurutnya itu merupakan langkah yang sudah sangat diperhitungkan.
Andrea Dovizioso test Valencia 300x199 Dovizioso: Target Jadi Pembalap Pabrikan Yamaha 2013“Ini adalah waktu yang tepat. Meskipun berada di urutan ketiga dalam kejuaraan, Honda tidak menunjukkan minat pada saya seperti yang saya harapkan, (mereka) berkonsentrasi pada Dani dan Casey. Jadi saya memutuskan untuk melakukan investasi untuk masa depan saya,” kata Dovizioso seperti dilansir oleh GPone.
Dovizioso sadar sepenuhnya, beralih dari Honda ke Yamaha dan hanya tergabung dalam tim satelit Yamaha Tech 3 tidak memungkinkannya berharap terlalu banyak di musim 2012.
“Mungkin saya tidak akan langsung menang, sebagian karena saya tidak akan berada di tim pabrikan, seperti halnya di Honda dimana Anda butuh berada di skuad internal HRC untuk bisa menjadi benar-benar kompetitif dan bersaing di depan.”
Tetapi Dovi melihat peluang yang lebih besar pada tahun 2013. Di akhir musim 2012 nanti para pembalap pabrikan saat ini seperti Casey Stoner, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Ben Spies, Valentino Rossi dan Nicky Hayden akan menghabiskan kontraknya besama tim masing-masing.
“Pasar pembalap akan benar-benar terbuka pada akhir 2012. Saya benar-benar percaya pada proyek ini, tujuan saya adalah untuk memiliki musim yang baik dan mendapatkan sebuah kursi Yamaha pabrikan untuk 2013.”
Daya saing Andrea pada M1 spec satelit tidak akan sepenuhnya bisa dipahami hingga berlangsungnya sesi test musim dingin (winter test) mendatang.
“Pergi ke Sepang akan sangat penting untuk memahami di level mana kita berada. Ini adalah trek yang sangat saya sukai, dan dibandingkan dengan Valencia jauh lebih baik untuk memahami tingkat perkembangan motor.”
Meskipun dengan pemikiran ini, Dovi tidak mengharapkan pengenalan terhadap mesin 1000cc dapat mengubah situasi secara dramatis.
“Motor-motor akan memiliki chassis dan elektronik yang sama, hanya power delivery yang berubah. Stoner, Pedrosa dan Lorenzo masih akan menjadi pembalap terdepan. Ducati akan meningkat, tetapi tidak cukup untuk bersaing untuk kejuaraan.”
Selain itu musim 2012 juga akan melihat pengenalan kategori baru, CRT (Claiming Rule Teams), yang dimata Dovi ternyata masih sangat membingungkan.
“Sudah jelas bahwa biaya saat ini untuk berjalan di MotoGP tidak berkelanjutan, dan bahwa balap tidak (lagi) menyenangkan seperti dulu, tapi konsep CRT membingungkan saya. Dorna dan produsen menuju ke arah yang berlawanan. Tapi mereka perlu berkumpul dan menyepakati rencana untuk masa depan. Kami pembalap tidak memiliki kekuatan dalam hal ini. Saya memahami jika perlu ada transisi, tetapi perlu dilakukan secepat mungkin. Bener-benar sesuatu yang buruk balapan dengan dua (jenis) motor yang sama sekali berbeda.”

No comments:

Post a Comment