Friday, November 4, 2011

Yamaha Kesulitan Cari Rider Pengganti


Kubu Yamaha menjalani akhir musim 2011 dengan cukup memprihatinkan. Tiga dari empat pembalap mereka tidak dalam kondisi fit untuk berlaga di seri terakhir yang akan berlangsung di Valencia akhir pekan ini. Spies commentator Sepang 300x175 Yamaha Kesulitan Cari Rider PenggantiRider Monster Yamaha Tech 3 Colin Edwards dipastikan tidak tampil karena masih dalam proses penyembuhan cedera akibat kecelakaan yang dialaminya di sirkuit Sepang 23 Oktober lalu. Kecelakaan yang juga telah merenggut nyawa Marco Simoncelli.
Posisi Edwards kabarnya akan diisi oleh juara AMA Superbike Josh Hayes. Rekan senegara Edwards ini juga telah dijadwalkan untuk mengikuti sesi test akhir musim di sirkuit yang sama pada hari Selasa.
Sementara itu dua pembalap tim Yamaha Factory Racing juga masih diragukan bisa tampil pada race terakhir musim 2011 ini. Jorge Lorenzo masih belum sepenuhnya pulih pasca menjalani operasi pada jari tangannya.
Ada kabar bahwa Lorenzo tetap akan ke Valencia tetapi tidak akan ikut race. Yamaha hanya akan menurunkannya untuk menguji coba YZR-M1 1000cc. Jika rencana ini benar-benar dijalankan berarti rider Spanyol itu sudah tak lagi memakai nomor start 1 sejak Casey Stoner memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2011.
Sedangkan kondisi Ben Spies pun kabarnya masih belum sepenuhnya pulih. Rider Amerika itu menderita gegar otak akibat kecelakaan pada sesi kualifikasi MotoGP Australia di sirkuit Phillip Island.
Saat seri Sepang lalu, Spies mencoba untuk tampil. Tetapi setelah selalu mengalami kecelakaan pada setiap sesi latihan hingga kualifikasi, ia memutuskan tidak turun saat race. Spies memilih mendampingi Nick Harris sebagai komentator siaran langsung MotoGP Malaysia yang akhirnya hanya berlangsung selama 1 1/2 lap saja.
Hingga hari ini belum ada kabar apakah Yamaha akan menurunkan rider pengganti untuk salah satu atau kedua pembalap mereka. Di Sepang Yamaha Factory Racing menunjuk test rider Katsuyuki Nakasuga. Namun hasilnya kurang memuaskan. Rider Jepang itu selalu menduduki pengingkat terbawah dalam sesi latihan hingga kualifikasi.
Dengan telah berakhirnya musim kompetisi 2011 World Superbike serta keputusan Yamaha meninggalakan ajang ini di akhir musim membuat mereka kini tak punya lagi rider WSBK di bawah kontrak.
Yamaha kini sepertinya hanya punya peluang untuk menghadirkan juara dunia WSS Chaz Davies, meskipun ia akan beralih ke mesin Ducati untuk WSBK musim depan. Peluang lain ada pada rider Yamaha di ajang BSB yang juga menjadi juara musim ini, Tommy Hill.
Permasalahannya kemudian, masihkah aturan seorang rookie tak bisa langsung menjadi rider tim pabrikan (meskipun hanya rider pengganti) diberlakukan? Faktanya, di seri Malaysia Yamaha bisa menurunkan Katsuyuki Nakasuga untuk mengisi posisi Lorenzo. Nakasuga adalah test rider resmi Yamaha tetapi sebelumnya belum sekalipun penah ikut seri Grand Prix.

No comments:

Post a Comment