Valentino Rossi dan tim Ducati sempat protes keras terhadap
pembatasan jadwal uji coba bersama pembalap resmi. Menurut mereka,
dengan pembatasan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan
pabrikan/produsen (yang menjadi tujuan pembatasan) bukannya justru
menurun tapi malah membengkak dengan hasil yang diperoleh sangat tidak
sepadan.
Dengan terbatasnya jadwal pengujian bersama rider resmi (race rider), produsen mesti lebih sering melakukan uji coba dengan test rider yang kecepatannya di track
sangat jauh dibandingkan pembalap yang masih berlaga. Sementara biaya
sewa sirkuit tidak pernah diturunkan. Kesimpulannya, pabrikan tetap
harus mengeluarkan dana banyak untuk menyewa pembalap test dan sirkuit
dengan umpan balik yang didapat tidak setara jika test dilakukan bersama
race rider meski dengan jadwal yang lebih jarang.
Oleh karena itulah, Grand Prix Commission (GPC) yang terdiri dari
Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Ignacio Verneda (FIM Direktur
Eksekutif, Sport), Hervé Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA)
bertemu selama putaran final Kejuaraan Dunia MotoGP 2012. Pertemuan
yang juga dihadiri oleh Javier Alonso (Dorna) dan Paul Butler
(Sekretaris rapat) telah memodifikasi dan menambahkan beberapa aturan
lagi untuk musim 2012 mendatang.
Dengan aturan baru ini produsen dapat melakukan private test sebanyak
yang mereka mau dengan pembalap manapun asalkan tidak melebihi alokasi
ban yang disediakan oleh pemasok ban resmi MotoGP. Rincian akhir akan
dikonfirmasikan pada pertemuan GPC berikutnya di bulan Desember. Juga
disepakati bahwa produsen dapat menggunakan pembalap apapun untuk
menyelesaikan program test tahun 2011 mereka selama November 2011.
Komisi juga menambahkan aturan baru yang melibatkan isu-isu keamanan
dan secara khusus menyatakan bahwa semua motor GP harus dilengkapi
dengan brake lever protection.
Proteksi tuas rem ini dimaksudkan untuk melindungi stang tuas rem
jika tanpa sengaja diaktifkan saat terjadi tabrakan dengan motor lain.
Proteksi mencakup perluasan fairing yang cukup untuk menutupi tuas rem,
seperti saat dilihat dari depan.
Selain itu ada juga perubahan berat minimal untuk ketiga kelas:
- Moto3: motor dan pembalap: 148kg
- Moto2: motor: 140kg
- MotoGP: sampai dengan 800cc – motor: 150kg; 801-1000cc – motor: 153kg
No comments:
Post a Comment