Saturday, November 19, 2011

Regulasi MotoGP 2012: Test Dengan Pembalap Resmi Tak Lagi Dibatasi

Valentino Rossi dan tim Ducati sempat protes keras terhadap pembatasan jadwal uji coba bersama pembalap resmi. Menurut mereka, dengan pembatasan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan pabrikan/produsen (yang menjadi tujuan pembatasan) bukannya justru menurun tapi malah membengkak dengan hasil yang diperoleh sangat tidak sepadan.
FIM logo 300x147 Regulasi MotoGP 2012: Test Dengan Pembalap Resmi Tak Lagi DibatasiDengan terbatasnya jadwal pengujian bersama rider resmi (race rider), produsen mesti lebih sering melakukan uji coba dengan test rider yang kecepatannya di track sangat jauh dibandingkan pembalap yang masih berlaga. Sementara biaya sewa sirkuit tidak pernah diturunkan. Kesimpulannya, pabrikan tetap harus mengeluarkan dana banyak untuk menyewa pembalap test dan sirkuit dengan umpan balik yang didapat tidak setara jika test dilakukan bersama race rider meski dengan jadwal yang lebih jarang.
Oleh karena itulah, Grand Prix Commission (GPC) yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Ignacio Verneda (FIM Direktur Eksekutif, Sport), Hervé Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA) bertemu selama putaran final Kejuaraan Dunia  MotoGP 2012. Pertemuan yang juga dihadiri oleh Javier Alonso (Dorna) dan Paul Butler (Sekretaris rapat) telah memodifikasi dan menambahkan beberapa aturan lagi untuk musim 2012 mendatang.
Dengan aturan baru ini produsen dapat melakukan private test sebanyak yang mereka mau dengan pembalap manapun asalkan tidak melebihi alokasi ban yang disediakan oleh pemasok ban resmi MotoGP. Rincian akhir akan dikonfirmasikan pada pertemuan GPC berikutnya di bulan Desember. Juga disepakati bahwa produsen dapat menggunakan pembalap apapun untuk menyelesaikan program test tahun 2011 mereka selama November 2011.
Komisi juga menambahkan aturan baru yang melibatkan isu-isu keamanan dan secara khusus menyatakan bahwa semua motor GP harus dilengkapi dengan brake lever protection.
Proteksi tuas rem ini dimaksudkan untuk melindungi stang tuas rem jika tanpa sengaja diaktifkan saat terjadi tabrakan dengan motor lain. Proteksi mencakup perluasan fairing yang cukup untuk menutupi tuas rem, seperti saat dilihat dari depan.
Selain itu ada juga perubahan berat minimal untuk ketiga kelas:
- Moto3: motor dan pembalap: 148kg
- Moto2: motor: 140kg
- MotoGP: sampai dengan 800cc – motor: 150kg; 801-1000cc – motor: 153kg

No comments:

Post a Comment