Friday, October 28, 2011

Yamaha Tak Punya Pilihan Pembalap



MotoGP Valencia (6/11) pekan depan, sepertinya jadi seri terburuk bagi Yamaha. Bukan hanya karena para pembalapnya mengalami cedera, namun mereka juga tidak mempunyai pilihan pembalap pengganti untuk mengisi kekosongan. Sebab Jorge Lorenzo dan Ben Spies belum bisa tampil maksimal, bahkan mungkin masih akan absen jika belum dapat ijin dari tim medis MotoGP.

Bukan hanya kedua pembalap di tim pabrikan, namun pembalap di tim satelit Yamaha yaitu Monster Tech3, juga belum ada keputusan untuk turun di seri terakhir. Colin Edwards yang terlibat dalam insiden maut dengan Marco Simoncelli mengalami dislokasi tulang bahu, dan mengalami cedera pada beberapa bagian tubuhnya.

Masalahnya sekarang untuk mencari pembalap pengganti bukanlah hal mudah. Pembalap Yamaha dari ajang World Superbike Championship (WSBK) telah dikontrak tim lain, yaitu Marco Melandri ke tim BMW Motorrad sementara Eugene Laverty ke tim Aprilia.

Pilihan terbaik hanya ke Tommy Hill yang menjadi juara di ajang British Superbike Championship (BSB) dan Chaz Davies yang menjadi juara dunia di World Supersport Championship (WSS). Lin Jarvis pun menganggap bahwa ini adalah dampak dari semakin mengecilnya jumlah pembalap di MotoGP.

“Tahun ini Honda melakukan investasi besar pada motor mereka, dan itu sudah terbukti pada harga jual motor mereka tahun ini. Sementara kami di Yamaha harus menjaga harga jual motor agar tim satelit juga mampu mendapat spek yang sama dengan tim pabrikan. Makanya di MotoGP sekarang sangat kekurangan pembalap sebagai tim tempat berkembangnya pembalap baru,” ungkap Jarvis.

No comments:

Post a Comment