Wednesday, October 26, 2011

Siapakah Pengganti Simoncelli di Gresini Racing?


Kiri ke kanan : John Hopkins, Alvaro Bautista, Randy de Puniet, Hector Barbera, Marc Marquez dan Stefan Bradl

Marco Simoncelli telah tiada, lalu siapa yang akan menggantikan posisinya di tim Gresini Racing musim 2012? Hmm, untuk sementara buang prasangka ‘tabu’ membicarakan pengganti Marco Simoncelli di tim Gresini Racing, karena alasan tim masih berduka dan kepergian Simoncelli baru beberapa hari lalu.

Pasalnya memilih pembalap penting, apalagi persiapan MotoGP musim 2012 tinggal 1 seri lagi. Usai MotoGP Valencia (6/11) mendatang, sesi tes pra musim MotoGP 2012 sudah dimulai. Walaupun tim Gresini Racing melalui keputusan psikologis Fausto Gresini (bos tim Gresini Racing), tidak akan ambil bagian di seri Valencia termasuk sesi tes, setidaknya rencana line up pembalap tidak diabaikan begitu saja.

Berduka karena kehilangan pembalap dan sahabat terbaik, memang wajar. Tapi hidup juga terus berjalan, target untuk meraih kejayaan di ajang MotoGP adalah target utama setiap tim balap. Nah, berikut beberapa kandidat calon pengganti Simoncelli di tim Gresini Racing, yang kami prediksi bisa menjadi pilihan tim Gresini Racing untuk musim 2012 :

Alvaro Bautista
Pembalap asal Spanyol itu memang lebih memilih untuk tinggal di tim Rizla Suzuki, mengingat ia menyukai suasana kondusif di tim Rizla Suzuki. Namun tawaran dari tim Gresini Racing, tentunya akan jadi pertimbangan besar bagi Bautista. Apalagi jika nanti Honda Racing Corporation (HRC) sepakat memberikan support pabrikan kepada tim tersebut. Ini akan jadi kesempatan besar untuk bertarung di lini terdepan.

Menjatuhkan pilihan kepada Bautista, tentu cukup menjanjikan bagi tim Gresini. Mengingat Bautista juga memiliki skill luar biasa. Bahkan dengan performa motor pas-pasan, ia mampu tampil apik pada beberapa seri terakhir. Sayang ia sempat terjatuh di MotoGP Jepang (2/10) dan MotoGP Australia (16/10) lalu.

Randy de Puniet
Saat masih memperkuat tim LCR Honda tahun 2010 lalu, Randy de Puniet beberapa kali tampil di urutan terdepan saat sesi kualifikasi dan juga konsisten finish di urutan 6 besar. Tapi saat mengalami cedera di MotoGP Jerman 2010, De Puniet tidak bisa tampil bagus lagi hingga seri terakhir MotoGP 2010. Bahkan pilihannya pindah ke tim Pramac Ducati, bukan pilihan tepat karena motor Ducati sulit dikendarai.

Tapi jika ia kembali lagi menggunakan motor Honda apalagi dengan spek motor pabrikan, bisa jadi De Puniet langsung melejit. Apalagi ia juga sudah familiar dengan karakter motor pabrikan asal Jepang itu.

Hector Barbera
Barbera adalah tipe pembalap petarung, sama halnya dengan Marco Simoncelli. Di GP 250 cc tahun 2009 lalu, Barbera dan Simoncelli adalah dua petarung yang dikhawatirkan oleh Hiroshi Aoyama sebagai pemegang pemimpin klasemen pembalap, sebelum akhirnya meraih titel juara dunia di akhir musim. Barbera bahkan pernah bertarung ketat dengan Simoncelli di lap terakhir, sebelum akhirnya ia menyenggol menabrak buritan motor Simoncelli dan terjungkal.

John Hopkins
John Hopkins adalah salah satu pembalap dengan talenta besar. Ia memulai karir sebagai pembalap MotoGP pada tahun 2002 hingga tahun 2008. Pencapaian pembalap asal Amerika itu adalah di podium kedua di MotoGP Ceko tahun 2007 bersama tim Rizla Suzuki. Meski sempat menatap masa depan suram di ajang World Superbike Championship (WSBK), setelah hengkang ke ajang British Superbike, Hopkins berhasil meraih posisi runner up.

Marc Marquez
Meski Marc Marquez sudah ditetapkan harus tinggal di Moto2 untuk semusim lagi, namun kepergian Marco Simoncelli secara tiba-tiba, menjadinya Marquez salah satu pembalap prioritas pengganti di kubu tim Gresini Racing. Ia memiliki skill luar biasa sebagai seorang pembalap pemula, walau terkadang masih terlihat labil tapi rasanya ia bisa belajar cepat dalam waktu 1 musim. Apalagi ia disupport penuh untuk Honda.

Stefan Bradl
Pembalap asal Jerman yang sekarang memimpin 23 poin di klasemen pembalap Moto2, Stefan Bradl, adalah calon pembalap MotoGP masa depan. Ia membalap dengan cukup rapi dengan motor juara. Terdengar kabar bahwa tim Yamaha mulai melirik Bradl. Tapi hingga kini belum ada kepastian Bradl untuk naik ke kelas para raja.

Sementara kandidat pembalap lain seperti Andrea Iannone, Thomas Luthi atau Yuki Takahashi yang juga sempat dikabarkan bakal naik kelas, sepertinya belum jadi prioritas. Sementara dari ajang balap WSBK sepertinya belum ada kabar. Kita tunggu keputusan tim Gresini Racing pada pilihan pembalapnya.

No comments:

Post a Comment