Friday, October 14, 2011

Lorenzo Tak Maksimal Karena Temperatur Berubah



Sesi latihan pagi hari MotoGP Australia (14/10) pagi tadi, memang berlangsung dalam kondisi cuaca yang cerah namun temperatur sirkuit masih cukup dingin. Namun maksimalisasi performa motor yang diraih oleh para pembalap cukup bagus. Berlanjut ke sesi latihan kedua, temperatur sirkuit pun mulai berubah, hal ini membuat beberapa pembalap malah melorot lap tercepatnya tidak terkecuali Casey Stoner sebagai pembalap tercepat.

Namun yang lap tercepatnya melorot cukup jauh adalah Jorge Lorenzo yaitu 0,367 detik. Kemungkinan besar penyebabnya adalah ketidaksiapan tim untuk setting penggunaan ban untuk temperatur yang lebih tinggi di Australia. Apalagi prediksi cuaca menyebutkan bahwa angin dingin akan jadi tantangan tersendiri bagi para pembalap di sirkuit Phillip Island pekan ini.

“Hari ini saya merasa lebih baik di sesi latihan pagi hari, namun menjelang sore hari performa motor rasanya agak menurun. Mungkin hal ini disebabkan perubahan temperatur sirkuit yang kemudian membuat performa motor tidak maksimal. Namun kami belum mengetahui secara pasti penyebab turunnya performa motor seperti ini,” jelas Lorenzo.

“Pastinya target saya adalah untuk memenangi balapan dan berupaya untuk mengalahkan Stoner di kandangnya sendiri. Apalagi catatan lap tercepatnya tidak terlalu jauh dari catatan lap tercepat yang saya raih di pada pagi hari tadi,” imbuh Lorenzo.

Pada sesi latihan kedua, hanya ada 2 pembalap yang mampu meningkatkan catatan lap tercepatnya yaitu Marco Simoncelli dan Ben Spies. Sepertinya harus mengadopsi setting motor Spies agar bisa meningkatkan lap tercepatnya di sesi kualifikasi besok.

No comments:

Post a Comment