Tuesday, October 25, 2011

Kontroversi Pertolongan Medis Untuk Marco Simoncelli


Kritik tajam melayang untuk petugas medis yang melakukan pertolongan pertama saat kecelakaan menimpa pembalap Marco Simoncelli di Sirkuit Sepang, Malaysia.Kontroversi terkait kematian Marco Simoncelli memang langsung mencuat setelah rekaman video dan foto-foto yang diambil beberapa saat setelah kecelakaan merebak ke publik. Banyak pihak yang menyebutkan bahwa pembalap Italia itu tidak mendapatkan penanganan yang baik setelah terhantam motor Colin Edwards dan Valentino Rossi.
Tampak marshall berlarian ke lokasi kecelakaan yang menimpa Marco Simoncelli dan Colin Edwards (AP Photo/Ruben Yap)kontroversi kematian simoncelli, foto marco simoncelli, foto kecelakaan marco simoncelli, kecelakaan marco simoncelli, penyebab tewasnya marco simoncelli, motogp sepang malaysia
Seperti dilansir oleh harian kabar terbitan Italia, La Repubblica, memuat surat seorang ahli medis bernama Fabio Venturi yang mempertanyakan buruknya pertolongan pertama yang diberikan petugas medis kepada Marco Simoncelli.
Salah satu yang dinilai oleh Venturi adalah pada saat tubuh Simoncelli diangkat ke tandu dan dibawa ke pinggir lintasan. Hal tersebut lebih terlihat seperti diseret ketimbang diangkat oleh petugas, padahal penanganan untuk kondisi tersebut seharusnya tidak boleh sembarangan.
Tampak tim medis sedang menandu Marco Simoncelli usai kecelakaan dan ditabrak oleh Colin Edwards di MotoGP Sepang, Malaysia 2011 yang mengakibatkan Marco Simoncelli tewas(AP Photo/Ruben Yap)
kontroversi kematian simoncelli, foto marco simoncelli, foto kecelakaan marco simoncelli, kecelakaan marco simoncelli, penyebab tewasnya marco simoncelli, motogp sepang malaysia
Belum lagi pertolongan pertama sudah seharusnya memerhatikan cedera yang sangat vital seperti leher yang seharusnya sesuai dengan standar keselamatan. Padahal itu harusnya dilakukan secara hati-hati agar jika ada cedera leher diderita itu tak akan memperparah kondisi sang pembalap.
"Dia dipindahkan ke atas tandu dengan cara yang tidak seharusnya dan tak sesuai dengan standar keselamatan. Dalam kecelakaan seperti ini, ambulance harusnya masuk ke lintasan dan mendatangi Simoncelli," tulis Vanturi.
Pembalap Marco Simoncelli terkapar usai kecelakaan dan ditabrak oleh Colin Edwards di MotoGP Sepang, Malaysia 2011 yang mengakibatkan Marco Simoncelli tewas (AP Photo/Ruben Yap)
kontroversi kematian simoncelli, foto marco simoncelli, foto kecelakaan marco simoncelli, kecelakaan marco simoncelli, penyebab tewasnya marco simoncelli, motogp sepang malaysia
Pada kenyataannya petugas kesehatan harus menggotong tubuh Simoncelli cukup jauh untuk bisa sampai ke mobil ambulance. Bahkan ayah Simoncelli, yang datang ke titik lokasi menggunakan skuter, sampai ikut membantu mengangkat tubuh anaknya ke dalam ambulance. Demikian dikutip dari Marca.
"Berdasarkan protokol, seharusnya kondisi pembalap diperiksa dan dipindahkan dengan sangat berhati-hati dengan memperhatikan pergerakan lehernya. Metode yang digunakan untuk memindahkan Marco tidak tepat dan berbahaya. Saya pribadi bahkan tak akan menggunakannya (bahkan) saat memindahkan sekarung kentang," lanjut Vanturi.
Tampak dari kejauhan tim medis dan marshall memberikan pertolongan di lokasi kecelakaan yang menimpa Marco Simoncelli dan Colin Edwards (AP Photo/Ruben Yap)kontroversi kematian simoncelli, foto marco simoncelli, foto kecelakaan marco simoncelli, kecelakaan marco simoncelli, penyebab tewasnya marco simoncelli, motogp sepang malaysia
Di akhir suratnya Venturi menyebut kalau apa yang dia ungkapkan bukan semata-mata ingin membuat kontroversi. Namun dia mengingatkan kalau penanganan serupa jangan sampai terulang jika ada kecelakaan di MotoGP.
"Di masa mendatang jangan ada lagi kejadian seperti ini. Penanganan yang buruk terhadap cedera bisa mengakibatkan kematian," tuntas Vanturi.

No comments:

Post a Comment